Menghabiskan Waktu di Alam Baik untuk Kesehatan Mata

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 08 Oct 2017 07:35 WIB
kesehatan
Menghabiskan Waktu di Alam Baik untuk Kesehatan Mata
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bermain di alam, selain menyenangkan, ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat bermain di alam bebas seperti dilansir The Health Site.

1. Mengurangi stres

Stres adalah pemicu dari berbagai jenis penyakit. Berinteraksi dengan alam dapat menurunkan tingkat stres. Beberapa studi menyebutkan bahwa aktivitas seperti berkebun dapat menurunkan tingkat kortisol dan menyehatkan tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan mental

Banyak studi menemukan keuntungan dari bermain dengan alam, seperti meningkatkan suasana hati, kepercayaan diri, dan kesehatan mental secara umum. Pengalaman bersama alam juga dapat menurunkan rasa cemas dan depresi pada masyarakat perkotaan.

3. Manfaat untuk kemampuan kognitif

Menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan alam dapat mengurangi kelelahan secara mental dan meningkatkan kemampuan kognitif. Sebuah studi dari Finlandia menunjukkan bahwa lari dan bermain di luar ruangan dapat meningkatkan kemampuan akademis pada anak.

4. Turunkan risiko gangguan mata

Gangguan mata seperti miopi atau rabun jauh cenderung disebabkan karena kurangnya paparan sinar matahari. Faktanya, paparan sinar matahari alami di pagi hari membantu menghindarkan anak dari miopi.

5. Memberi efek mendalam dalam proses penyembuhan

Sebuah studi menemukan bahwa pasien yang baru menjalani operasi mengalami penyembuhan lebih cepat jika memiliki ruangan dengan jendela yang menghadap ke alam (seperti taman) dibandingkan pasien dengan pemandangan tembok saja.




(DEV)