Mengapa Banyak Orang Suka dengan Makanan Asin?

Nia Deviyana    •    Minggu, 20 Nov 2016 18:03 WIB
studi kesehatan
Mengapa Banyak Orang Suka dengan Makanan Asin?
(Foto: Mentalfloss)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang peneliti mengidentifikasi mengapa sebagian besar orang sangat menyukai makanan asin dibanding makanan lainnya.

Jennifer Smith, mahasiswa doktoral yang merupakan peneliti utama studi ini mengatakan hal tersebut disebabkan oleh gen yang disebut TAS2R38. Gen ini mengurangi persepsi individu terhadap rasa pahit.

"Kami melihat sebuah gen yang mengkode reseptor rasa," ujar Smith. Dia melanjutkan, orang yang didominasi gen ini akan merasa sensitif dengan rasa pahit dan tawar, dan cenderung menghindari makanan dengan sifat rasa tersebut seperti brokoli, kubis, dan sayuran hijau berwarna gelap.

Para ahli di University of Kentucky menemukan bahwa orang yang memiliki varian gen ini 1,9 kali lebih mungkin untuk mengonsumsi lebih dari 5,75 gram garam sehari. (5,75 gram adalah jumlah garam harian yang disarankan ahli kesehatan).

Asupan garam berlebih sebagian besar diperoleh dari makanan olahan dan makanan siap saji, makanan-makanan yang diketahui dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Smith menyarankan untuk lebih memilih menambahkan rempah-rempah ketimbang garam sebagai penambah rasa bagi orang yang gemar makan makanan asin.


(DEV)