Tertawa Lepas Pertama Bayi

Yatin Suleha    •    Selasa, 15 Nov 2016 14:56 WIB
perkembangan anak
Tertawa Lepas Pertama Bayi
(Foto: Img.argentdubeurre)

Metrotvnews.com, Jakarta: Diantara semua kemampuan si kecil (berguling, mengucapkan kata pertama) mungkin ini yang bisa membuat Anda bisa tertawa melihatnya, yaitu tertawa lepas bayi untuk pertama kalinya. Dan ia tertawa bahkan untuk mungkin untuk satu hal kecil ketika Anda mengucapkan "Haaacim!"

Ketika si kecil tertawa geli untuk pertama kalinya, ini adalah momen yang tidak pernah Anda lupa lupakan. Berikut ini kami berikan fakta-faktanya:

(Baca juga: Momen Perkembangan Bayi yang Menggemaskan)

1. Dimulai antara usia 3-4 bulan
"Di semua budaya-atau negara, tawa pertama bayi dimulai antara 3-4 bulan," Robert R. Provine, PhD, profesor psikologi di the University of Maryland, Baltimore County, Amerika. Robert juga merupakan penulis dari "Laughter: A Scientific Investigation (Viking)".

2. Kesadaran bayi
"Dibulan-bulan pertama kehidupannya, bayi menjadi lebih gampang gelian. Satu teori hal ini menandakan bayi menyadari bahwa orang lain terpisah dari dirinya," Lawrence Kutner, PhD, ahli perkembangan anak dari the Harvard Medical School Center for Mental Health and Media.

3. Jangan khawatir
"Jangan khawatir jika bayi Anda belum tertawa lepas sampai usia 4 bulan. Sebagaimana semua tonggak perkembangan beberapa bayi bisa tertawa sedikit terlambat," Sheila Gahagan, MD, MPH, profsor pediatrik dan kepala perkembangan anak dan kesehatan komunitas, Amerika.


Tips, cara membuat bayi Anda tertawa:

1. Tiup wajah atau rambutnya (ini pasti lucu)

2. Tiup bagian perut bayi

3. Bermain Ciluk ba

4. Bersuara lucu

5. Ekspresi aneka bentuk wajah







(TIN)