4 Kesalahan dalam Memasak Oatmeal

Nia Deviyana    •    Rabu, 26 Oct 2016 12:49 WIB
tips memasak
4 Kesalahan dalam Memasak Oatmeal
Semangkuk oatmeal bisa terasa lezat jika dimasak dengan benar (Foto: LovetoKnow)

Metrotvnews.com, Jakarta: Oatmeal termasuk makanan sehat yang kaya kandungan nutrisi. Namun, orang seringkali kecewa ketika menyantapnya karena tidak terlalu mengenyangkan, atau rasanya yang kurang enak.

Oatmeal sebenarnya bisa menjadi makanan yang nikmat, dan mengenyangkan jika penyajiannya benar. Berikut ini, kesalahan yang sering dilakukan saat mengolah oatmeal, seperti dikutip Prevention.


1. Menyeduhnya dengan air, bukan susu

Sarapan bergizi dan kaya nutrisi membantu agar tubuh tetap berenergi dan semangat dalam menjalani aktivitas. Sebaliknya, sarapan dengan pilihan menu yang tak memenuhi standar gizi tak hanya membuat Anda lemas, tetapi juga makan lebih banyak pada siang hari.

Dalam hal ini, oatmeal merupakan pilihan makanan yang bagus untuk sarapan. Namun, orang seringkali melakukan kesalahan saat mengolahnya. Misalnya, menyeduhnya dengan menggunakan air, bukan susu. Beberapa orang juga kerap merasa cukup hanya dengan makan oatmeal saja tanpa tambahan topping. Padahal, semangkuk oatmeal saja tak memiliki jumlah kalori yang cukup untuk mempertahankan energi Anda hingga siang hari. Penting untuk menambah topping seperti kacang almond, strwaberry, atau pisang.

2. Menambahkan garam di akhir penyajian


Orang seringkali baru menambahkan garam ketika oatmeal sudah dimasak. Hal ini membuat rasa gurih oatmeal menjadi tak merata karena adanya garam yang mengendap. Yang benar, beri garam sebelum dimasak di atas kompor, atau setelah mencampur dengan susu.
3. Lupa mengaduk

Mengaduk oatmeal mencegah terjadinya gumpalan, serta membantu agar garam tidak mengendap.

4. Cepat dalam memasaknya

Oatmeal berbeda dengan bubur. Jika bubur hanya butuh waktu sebentar untuk untuk memasaknya, oatmeal butuh waktu agak lama untuk mengubah teksturnya menjadi lembut.


Lihat Video: Hindari Makanan Penyebab Gula Darah Berlebih





(DEV)