Manfaat Tidak Memakai Bra

Torie Natalova    •    Kamis, 13 Oct 2016 13:25 WIB
kesehatan
Manfaat Tidak Memakai Bra
Sebuah studi dari Perancis selama 15 tahun menyimpulkan, bahwa wanita yang tidak mengenakan bra secara rutin mampu mengembangkan jaringan otot lebih. (Foto: Iimgix.net)

Metrotvnews.com, Jakarta: 13 Oktober diperingati sebagai Hari Tanpa Bra Sedunia. Ini masih termasuk rangkaian Breast Cancer Awareness yang jatuh setiap bulan Oktober.

Sejak menginjak masa puber, bagian payudara wanita mulai tumbuh besar. Kondisi ini membuat wanita menggunakan bra untuk menopangnya tetap normal dan tidak terlihat dari luar pakaian.

Namun, saat tidur kebanyakan wanita melepaskan bra untuk memberi payudara sirkulasi udara dan juga melancarkan peredaran darah di sekitar payudara. Menggunakan bra saat bepergian ataupun di rumah, semua tentang kenyamanan atau ukuran payudara. 

Ada beberapa manfaat tidak menggunakan bra seperti berikut ini.

1. Keringat payudara bisa menguap
Saat musim panas tiba, wanita dengan ukuran payudara yang besar bisa dipenuhi dengan keringat. Saat tidak mengenakan bra, keringat bisa keluar tanpa menempel di bra Anda yang bisa memicu lembap dan kotor di kulit sepanjang hari.

2. Tidak membuat payudara melorot
Banyak yang takut payudaranya mengendur jika tidak menggunakan bra. Pertama, beberapa payudara ada yang memiliki bentuk melorot dan itu hal yang normal dan wajar. 

Kedua, sebuah studi dari Perancis selama 15 tahun menyimpulkan, bahwa wanita yang tidak mengenakan bra secara rutin mampu mengembangkan jaringan otot lebih, dan memungkinkan tubuh untuk menyokong payudara secara alami sehingga membuatnya lebih kuat.

(Baca juga: Gejala Penyakit Jantung Selain Nyeri Dada)

3. Payudara terlihat kencang
Payudara Anda bisa terlihat lebih "besar" atau kencang tanpa bra. Studi dari profesor Jean-Denis Rouillion dari University of France menemukan puting payudara pada wanita yang jarang mengenakan bra bisa meningkat 7 mm lebih tinggi dibanding wanita yang rajin mengenakan bra.

4. Melancarkan peredaran darah
Tidak mengenakan bra memungkinkan darah mengalir lebih mudah di sekitar daerah dada Anda, membantu dengan membangun jaringan otot seperti menjaga daerah kulit Anda.

Namun, tentu saja tidak mengenakan ataupun memakai bra sepenuhnya tergantung pada kenyamanan diri Anda sendiri. Melepaskan bra saat berada di rumah atau tidur bisa jadi alternatif untuk memberi kesempatan payudara Anda "terbebas" dari ikatan bra dan mendapatkan manfaat dari tidak menggunakan bra.









(TIN)