Jenis Gawai Pengaruhi Peruntungan Percintaan?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 20 Jul 2018 15:40 WIB
romansapsikologi
Jenis Gawai Pengaruhi Peruntungan Percintaan?
Sebuah survei menemukan bahwa 70 persen lajang lebih memilih untuk mengencani seseorang yang memiliki sebuah iPhone daripada seorang pengguna Android. (Foto: Erik Lucatero/Unsplash.com)

Jakarta: Di zaman yang semakin canggih ini, pilihan gawai ternyata bisa memberi dampak signifikasn dalam kehidupan cinta atau keberuntungan. 

Sebuah survei menemukan bahwa 70 persen lajang lebih memilih untuk mengencani seseorang yang memiliki sebuah iPhone daripada seorang pengguna Android. Hampir dua dari lima orang menyatakan bahwa mereka yakin gawai yang digunakan individu dapat memengaruhi kesan pertama ketika berkencan.

Survei yang melibatkan 1.502 lajang di Amerika Serikat tersebut dilakukan oleh Decluttr, sebuah perusahaan yang membantu pelanggan menjual barang-barang teknologi yang tidak diinginkan.

Selain kesimpulan bahwa pengguna iPhone dianggap lebih menarik secara romantis daripada pengguna Android, studi tersebut juga mengungkap beberapa informasi menarik lainnya tentang kencan di era digital.

Temuan tersebut melihat bahwa 65 persen pengguna iPhone terbuka untuk pergi kencan pertama dengan seseorang yang memiliki gawai Android.

Di sisi lain, hanya 53 persen pengguna Android akan mengatakan hal yang sama tentang orang-orang yang menggunakan iPhone. Tak hanya jenis ponsel, keadaan ponsel juga memengaruhi hasil dari sebuah kencan dengan calon pasangan. 


(Selain kesimpulan bahwa pengguna iPhone dianggap lebih menarik secara romantis daripada pengguna Android, studi tersebut juga mengungkap beberapa informasi menarik lainnya tentang kencan di era digital. Foto: Alexa Suter/Unsplash.com)

(Baca juga: Studi: Generasi Milenial Habiskan Lebih dari Satu Jam Gunakan Aplikasi Kencan)

Lebih dari sepertiga dari pria yang disurvei untuk penelitian ini mengakui bahwa ponsel dengan layar retak akan berefek buruk pada kencan pertama, karena ini akan menyiratkan bahwa pasangan kencan mereka tidak aman secara finansial dan tidak memiliki perhatian terhadap perawatan diri.

Sebaliknya, para wanita yang disurvei kurang peduli tentang layar yang retak, tetapi mengakui bahwa mereka tak suka dengan model ponsel lama. Menemukan pasangan yang tepat melalui aplikasi kencan memang tak selalu mudah. 

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa wanita cenderung lebih pemilih daripada pria di situs kencan, di mana pria cenderung lebih fokus pada usia. 

Tim peneliti dari Queensland University di Australia menilai perilaku lebih dari 41.000 pengguna situs kencan berusia 18 hingga 80 tahun.

Para wanita yang berusia antara 18-30 tahun cenderung sangat spesifik dalam mencari pasangan, sementara pria yang berusia di atas 40 tahun cenderung lebih rewel daripada partisipan wanita.





(TIN)