Cara Membuat Popcorn Jadi Camilan Menyehatkan

Torie Natalova    •    Selasa, 05 Jun 2018 07:10 WIB
kesehatan
Cara Membuat Popcorn Jadi Camilan Menyehatkan
Tak hanya memiliki banyak serat, popcorn pada dasarnya mengandung sedikit lemak dan cukup rendah kalori. (Foto: Alex Munsell/Unsplash.com)

Jakarta: Popcorn adalah camilan dari jagung yang kini tak hanya jadi camilan saat nonton film di bioskop, tapi juga camilan di rumah. Ya, beberapa merek menawarkan sebungkus popcorn yang bisa dimasak sendiri di rumah atau langsung disantap.

Menurut pakar nutrisi Abby Langer, popcorn tidak seburuk yang dikira sebagian orang selama ini. Tak hanya memiliki banyak serat, popcorn pada dasarnya mengandung sedikit lemak dan cukup rendah kalori. Popcorn juga dapat membuat Anda kenyang dan memuaskan selera Anda.

Namun, masalahnya ada pada rasa tambahan lain pada popcorn yang dapat membawa dampak buruk, terlebih jika dikonsumsi berlebihan. Satu porsi ideal adalah satu cangkir popcorn, jika lebih daripada itu Anda mungkin mengonsumsi lebih banyak kalori.

(Baca juga: 10 Manfaat Serabut Jagung untuk Kesehatan)

Dalam satu cangkir popcorn sederhana, tanpa perasa tambahan mengandung 3,1 kalori, 1 gram protein, 0,4 gram lemak, 0 gram lemak jenuh, 6 gram karbohidrat, 1 gram serat, 1 miligram sodium, 0,07 gram gula.


(Menurut pakar nutrisi Abby Langer, popcorn tidak seburuk yang dikira sebagian orang selama ini. Foto: Courtesy of Getty Images)

Tentu saja, angka-angka tersebut akan cepat berubah setelah Anda menambahkan mentega, keju, karamel atau topping lainnya pada popcorn. Tiga cangkir popcorn mentega misalnya, akan memberikan Anda 192 kalori atau dua kali lipat dari popcorn biasa dan 15 gram lemak. 

Anda pun sebaiknya menghindari popcorn kemasan yang dapat dimasak dalam microwave jika ingin mendapatkan manfaat terbaik dari popcorn. "Beberapa merek memiliki banyak lemak jenuh yang tinggi," sebut laman dari Momenshealthmag ini.

Cara terbaik memasak popcorn yakni masak di atas kompor dengan gunakan sedikit minyak kelapa atau zaitun, tambahkan tiga biji jagung.

Setelah mengembang, masukkan sisanya dan Anda bisa menambahkan sedikit keju, garam atau bumbu rempah kering favorit Anda. Minyak akan menambah kalori dan lemak ekstra tapi ini masih dalam kadar yang sehat.





(TIN)