Tips Merebus Telur agar Nutrisinya Tidak Hilang

Raka Lestari    •    Minggu, 24 Jun 2018 14:49 WIB
tips kesehatan
Tips Merebus Telur agar Nutrisinya Tidak Hilang
(Foto: NDTV Food)

Jakarta: Telur merupakan pilihan makanan yang sehat. Namun, cara mengolah yang salah justru bisa membahayakan kesehatan.

Delia Smith, juru masak dari Inggris mengungkapkan bahwa sangat penting untuk tidak merebus telur langsung dari kulkas karena telur dingin yang masuk ke air panas bisa retak. Menggunakan panci kecil dan api yang kecil adalah cara terbaik untuk mencegah telur menjadi retak.

Penting juga untuk memperhatikan masalah waktu untuk mendapatkan telur rebus yang diinginkan. Dikutip dari The Independent, berikut cara merebus telur sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan.

Soft boiled eggs

Setelah dimasukan ke dalam panci berisi air mendidih, Delia menyarankan untuk merebusnya selama satu menit dengan api kecil, lalu matikan api dan tutup panci.

Diamkan selama enam menit, untuk menghasilkan telur rebus dengan kuning telur yang masih terlihat basah, dan tujuh menit jika Anda menginginkan telur rebus dengan tekstur creamy.

Hard boiled eggs

Untuk telur rebus yang matang sepenuhnya, Delia menyarankan agar memasukkan telur dalam panci berisi air dingin. Lalu panaskan sampai air tersebut mendidih selama enam atau tujuh menit.

Triknya adalah dengan mendinginkannya langsung setelah matang dengan air dingin sehingga mudah dibersihkan. Namun, Anda jangan sampai memasak telur rebus dengan menggunakan microwave karena bisa membuat telur menjadi hancur.

 


(DEV)