Ketahui Penyebab Gangguan Pencernaan setelah Berolahraga

Torie Natalova    •    Minggu, 01 Apr 2018 16:58 WIB
kesehatan
Ketahui Penyebab Gangguan Pencernaan setelah Berolahraga
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Pernahkah Anda merasa sakit setelah berolahraga? Mungkin pernah Anda alami setelah melakukan latihan yang sulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rasa sakit setelah olahraga terjadi karena perencanaan yang buruk.

Sekitar setengah dari seluruh atlet diperkirakan pernah mengalami beberapa bentuk ketidaknyamanan bagian pencernaan seperti mual, muntah, angina perut, dan diare setelah berolahraga.

Hal tersebut terjadi karena aliran darah berkurang selama latihan yang intens. Penelitian juga menemukan bahwa waktu makan masing-masing atlet juga berperan terhadap kondisi ini.

Pada 2001, para ilmuwan melihat berbagai efek dari latihan intensitas tinggi dan rendah yakni rasa tidak nyaman pada lambung. Jika Anda sarapan 30 menit sebelum sesi latihan intensif, Anda kemungkinan akan mengalami masalah pencernaan setelah olahraga.

Masalah seperti ini terutama terjadi pada pelari jarak jauh karena cara olahraga secara fisik ini menggetarkan organ dan mengubah sekresi usus.

Belakangan, banyak orang yang memilih untuk berolahraga dengan perut kosong untuk menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa latihan dalam keadaan perut kosong dapat membakar lebih banyak lemak selama latihan sedangkan olahraga dalam keadaan perut terisi dapat menyebabkan oksidasi lemak lebih tinggi selama periode 24 jam jika dibandingkan dengan yang berolahraga.





(DEV)