Tompi Jelaskan Karakteristik Luka Lebam Akibat Pukulan

Cecylia Rura    •    Rabu, 03 Oct 2018 18:01 WIB
Kabar Ratna Dianiaya
Tompi Jelaskan Karakteristik Luka Lebam Akibat Pukulan
Tompi di Konser Salam Dua Jari (Foto: Metrotvnews.com / Dwi Ayu R.)

Jakarta: Penyanyi sekaligus dokter ahli bedah, Tompi, ikut berkomentar seputar lebam di wajah aktivitas perempuan Ratna Sarumpaet. Menurutnya, luka lebam akibat pukulan dapat dikenali dari karakteristiknya.

"Logikanya aja nih, kalau misalnya kita berantem berdua, kebanyakan orang Indonesia itu right-handed (dominan tangan kanan). Artinya, saya akan nonjok bagian wajah kanan (lawan) dari sisi saya, yang berarti sisi kiri Anda yang bonyok," kata Tompi saat ditemui di kawasan Pakubuwono, Jakarta, Rabu, 3 Oktober 2018.

Tompi melanjutkan, tipikal lebam akibat pukulan berbeda dengan operasi, yang mana karakter lebam di bagian pipi kanan dan kiri umumnya berbeda. 

(Baca: Polisi: Lebam Ratna Sarumpaet karena Operasi Plastik, bukan Dikeroyok)

"Lihat aja Mike Tyson habis ditinju deh, itu kan bonyok habis ditonjok. Sama enggak bengapnya? Kan kita bisa melihat tipikalnya. Beda. Kalau operasi, itu luka yang dibuat," paparnya.

Namun, Tompi menyebut peradangan yang terjadi akibat pemukulan atau operasi sama. 

"Lebam terjadi karena ada darah yang mengendap di balik kulit. Kalau kita ditonjok, ada luka sobek, ada darah keluar. Tapi kalau enggak ada luka sobek, dan ada pembuluh darah pecah di dalam, artinya darah merembes di bawah kulit. Kita lihatnya dari luar biru-biru."

Lebih dalam, Tompi memaparkan tidak ada perbedaan jangka waktu proses penyembuhan antara luka lebam akibat pukulan dan operasi plastik. Untuk luka lebam sempurna membutuhkan waktu satu tahun bahkan lebih untuk sembuh.

"Kalau kita ngomong complete heal, sampai jaringan parutnya matang, itu butuh setahun. Bahkan bisa lebih dari setahun," tukasnya.

Sebelum complete heal, penyembuhan tahap awal biasanya memakan waktu sekitar 3-5 hari. Pada minggu berikutnya, bekas lebam atau operasi plastik yang telah diobati mulai membaik.

"Healing process untuk bengkak awal sekitar 3-5 hari pertama. Biasanya. Setelah lima hari, proses bengkak mulai turun. Hematom, pendarahan-pendarahan yang tadinya masih ada sudah mulai berkurang. Kita sudah bisa lihat hematom ada gambar kebiruan, kehijauan, sampai kekuningan nantinya. Mulai diserap pelan-pelan," jelas dokter kelahiran Aceh tersebut.

Untuk meringankan luka lebam, ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti menggunakan kompres es atau membenahi posisi tidur.

"Biasanya tampilan agak enakan dilihat sekitar 2-3 minggu, udah mulai enak dilihat. Ada beberapa metode yang bisa dikerjakan untuk mempercepat healing process, dengan kompres es, atau pemeriksaan di kemudian hari. Posisi tidur berlawanan dengan daerah yang dioperasi. Tapi itu terlalu teknis. Intinya sekitar 2-3 minggu. Healing process tahap awal, ya," pungkasnya.

(Ratna: Saya Pencipta Hoaks Terbaik)
 
Polemik wajah lebam aktivis perempuan Ratna Sarumpaet yang disebut akibat penganiayaan sempat beredar di media sosial sepekan terakhir. Penganiayaan disebut terjadi pada Jumat, 21 September 2018 di sekitar Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. 

Ratna sendiri telah mengakui dirinya menyebarkan informasi palsu. Isu soal pengeroyokan yang muncul dari mulutnya itu tidak benar.




(DEV)