Tips Mengatasi Rasa Cemas di Minggu Malam

Raka Lestari    •    Rabu, 18 Apr 2018 06:00 WIB
psikologi
Tips Mengatasi Rasa Cemas di Minggu Malam
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecemasan yang Anda alami pada Minggu malam. (Foto: Avi Richards/Unsplash.com)

Jakarta: Penelitian menunjukkan bahwa 76 persen orang mengalami sejenis "blues" atau perasan cemas ketika akan menghadapi hari Senin dan biasanya hal tersebut terjadi pada minggu malam. 

Pakar kecemasan Chloe Brotheridge mengatakan bahwa campuran antara alkohol dan kurang tidur pada akhir minggu menyebabkan ketakutan tentang Minggu yang akan datang dan kembali ke dalam rutinitas pekerjaan yang membuat stres dapat menjadi faktor yang menyebabkan seseorang mengalami semacam kecemasan tersebut di minggu malam. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecemasan yang Anda alami pada Minggu malam, dikutip dari Metro.co.uk.

(Baca juga: Rasa Cemas Membuat Ingatan Lebih Kuat)

1. Berpikir positif
Brotheridge menjelaskan bahwa banyak kecemasan disebabkan karena membayangkan hal-hal pada Senin pagi yang akan menjadi buruk, jadi daripada membayangkan hal-hal buruk yang akan terjadi lebih baik menggunakan pikiran Anda untuk membayangkan hal-hal baik yang akan terjadi keesokan hari. 

"Bayangkan diri Anda dapat melewati tantangan apa pun, rileks dan nikmati minggu Anda. Bagaimanapun juga, penelitian menunjukkan bahwa 85 persen dari hal-hal yang kita khawatirkan akan berakhir dengan hasil yang positif."


(Menuliskan rencana ke depan yang ingin Anda lakukan adalah cara yang baik untuk  mengendalikan ketakutan Anda dan bersikap proaktif dalam menangani kecemasan Anda. Foto: Hannah Olinger/Unsplash.com)

2. Bersikap baik kepada diri sendiri
Seorang blogger di bidang kesehatan bernama Han selalu menjadikan perawatan diri sebagai prioritas untuk mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran negatif tersebut.   

"Saya berusaha ekstra untuk benar-benar menjaga diri sendiri pada Minggu malam. Jadi saya akan mandi, makan makanan enak, dan menonton Netflix. Saya juga mencoba untuk melihat hari Senin dari sudut pandang yang berbeda misalnya sebagai peluang untuk membuat tujuan baru." 

3. Memiliki rencana ke depan 
Menuliskan rencana ke depan yang ingin Anda lakukan adalah cara yang baik untuk mengendalikan ketakutan Anda dan bersikap proaktif dalam menangani kecemasan Anda.

Tuliskan daftar hal-hal yang Anda butuhkan serta hal-hal menyenangkan apa yang akan Anda lakukan bisa mengurangi kecemasan tersebut. 

4. Usahakan tetap sehat 
Hilda Burke, seorang psikoterapis mengatakan alkohol juga bisa menjadi bagian dari masalah. "Banyak orang makan berlebihan di akhir pekan yang tentunya akan memengaruhi perasaan seseorang pada Minggu malam. Alkohol adalah depresan, sehingga kebanyakan orang akan mengalami suasana hati yang rendah setelah terlalu banyak mengonsumsi alkohol."

5. Beristirahat 
Holly Stone, seorang Hypnotherapist mengatakan "Teknik distraksi seperti relaksasi yang dipandu dapat sangat bermanfaat. Semakin banyak kita berlatih semakin baik, memungkinkan kita untuk tetap sadar dan santai dan jauh lebih mampu mengatasi kecemaasan."






(TIN)