Benarkah Konsumsi Pasta Bikin Anda Gemuk?

Nia Deviyana    •    Minggu, 03 Sep 2017 14:37 WIB
kesehatan
Benarkah Konsumsi Pasta Bikin Anda Gemuk?
(Foto: My Recipe)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak pemahaman yang salah soal konsumsi pasta, termasuk mengira makanan ini dapat membuat Anda gemuk. Studi terbaru menunjukkan, makanan khas Mediterania ini memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya menurunkan berat badan.

Berikut ini alasan Anda tidak perlu menghapus pasta dalam daftar menu Anda.

1. Kaya nutrisi

Pasta termasuk sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk menghasilkan kalori. Menurut USDA, karbohidrat dari pasta bisa menyediakan 45 persen hingga 65 persen kalori harian Anda.

Pasta juga mengandung nutrisi penting seperti zat besi, asam folat, dan vitamin B, sehingga sangat sehat apabila dikombinasikan dengan sayuran atau kacang berserat tinggi, ikan, minyak sayur, daging unggas, dan daging tanpa lemak.

2. Pasta tak membuat gemuk

Kebalikan dari anggapan pada umumnya, satu cangkir pasta mengandung 200 kalori, vitamin, dan mineral. Kandungan nutrisinya yang tinggi menjaga Anda kenyang lebih lama sehingga Anda tidak tergiur untuk ngemil makanan tidak sehat.

3. Pasta memberi Anda energi

Karbohidrat kompleks yang dimiliki pasta dengan mudah dipecah menjadi glukosa, bahan bakar penting untuk otak dan otot Anda. Tidak seperti gula pada umumnya yang cepat memberi energi, tetapi cepat juga habis, karbohidrat kompleks pasta memberikan pelepasan energi yang lebih stabil.

4. Bebas gluten

Bahkan mereka yang alergi gluten bisa menikmati pasta. Saat ini, ada banyak varian pasta yang dibuat dari komposisi bebas gluten, misalnya terbuat dari beras merah, jagung, kinoa.
 


(DEV)