3 Makanan Ini Bantu Cegah Kanker Prostat

Nia Deviyana    •    Selasa, 20 Jun 2017 08:00 WIB
studi kesehatan
3 Makanan Ini Bantu Cegah Kanker Prostat
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bisakah Anda menemukan persamaan antara kunyit, apel, dan anggur? Sebuah studi baru menemukan, ketiganya memiliki kesamaan dalam mencegah dan mengobati kanker prostat.

Dilansir Medicalnewstoday, periset berhasil mengidentifikasi sejumlah senyawa alami dari buah dan herbal tersebut memiliki potensi untuk "menyiksa" tumor atau sel kanker prostat. Apalagi, jika ketiganya dikombinasikan.

Rekan penulis studi, Stefano Tiziani dari Departemen Ilmu Gizi dan Riset Pediatrik di Universitas Texas, Austin melaporkan temuan mereka di Jurnal Precision Oncology.

Setelah kanker kulit, kanker prostat menjadi kasus paling umum yang terjadi di AS. Berdasarkan American Cancer Society, dipredisiksi ada 161.360 kasus kanker prostat baru tahun ini.

Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi sejumlah senyawa, terutama pada makanan nabati yang bisa mengurangi risiko kanker prostat.

Untuk penelitian terbaru ini, Tiziani dan rekannya menggunakan teknik skrining mutakhir untuk menguji 142 senyawa alami, dengan tujuan untuk mengidentifikasi makanan yang paling efektif untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker prostat.

Kurkumin (pada kuning kunyit), asam ursolat (pada kulit apel), dan resveratrol (ditemukan pada anggur merah dan buah beri) menjadi senyawa yang paling efektif dalam mebunuh sel tumor pada tikus.




(DEV)