Plasenta Sehat Optimalkan Tumbuh Kembang Janin

Amaluddin    •    Minggu, 30 Jul 2017 15:41 WIB
kesehatan
Plasenta Sehat  Optimalkan Tumbuh Kembang Janin
(Foto: Medical Daily)

Metrotvnews.com, Surabaya: Menjaga kesehatan plasenta merupakan hal penting yang harus diperhatikan ibu hamil (bumil). Sebab, organ yang satu ini berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan janin.

"Karena itu ibu hamil harus memperhatikan kesehatan plasenta. Karena plasenta adalah penghubung janin, sehingga harus benar-benar diperhatikan," kata dr Boy Abidin , SpOG (K), saat mengisi acara Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJ) di Gedung Dyandra Convention Centre, Surabaya, Minggu, 30 Juli 2017.

Menurut Boy, cara yang bisa dilakukan ibu adalah menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

"Nutrisi yang dikonsumsi ibu akan melewati plasenta dan akan dialirkan ke tubuh janin, sehingga pemilihan nutrisi yang spesifik buat ibu dan janin adalah harus diperhatikan selama kehamilan," ujarnya.


Boy mengatakan, kebutuhan nutrisi Ibu hamil tidak sebatas hanya mengkonsumsi vitamin dan mineral tertentu. Tetapi juga diperlukan susu.

Ada beberapa manfaat penting jika plasenta sehat selama kehamilan. Selain menyalurkan nutrisi, juga membuang zat beracun, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memproduksi hormon untuk perlembangan janin.

Sebaliknya, plasenta tidak sehat akan membawa dampak buruk dalam kehamilan, meningkatkan risiko preeklampsia yang ditandai tekanan darah tinggi dan ditemukannya protein pada urine ibu, diabetes mellitus gestasional, prematuritas, hingga kematian janin.

"Karena itu, menjaga kesehatan plasenta bagi ibu hamil hal serius yang harus diperhatikan," kata dr Boy Abidin.


(DEV)