Studi: Kurang Tidur Tak Selalu Sebabkan Depresi Bila Berpikiran Positif

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 22 Sep 2017 13:06 WIB
studi kesehatantidur
Studi: Kurang Tidur Tak Selalu Sebabkan Depresi Bila Berpikiran Positif
Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang begadang dengan keadaan otak yang lebih selaras dengan kesenangan dapat terlindungi dari efek negatif dari kurang tidur. (Foto: Dan Gold/Unsplash.com)

Metrotvnew.com, Jakarta: Kurang tidur adalah salah satu faktor risiko gangguan mental depresi. Namun, tak semua orang yang kerap terjaga di malam hari menjadi depresi. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang begadang dengan keadaan otak yang lebih selaras dengan kesenangan dapat terlindungi dari efek negatif dari kurang tidur pada kesehatan mental. 

Penemuan tersebut mengungkapkan bahwa mahasiswa yang memiliki kualitas tidur yang buruk cederung lebih kecil mengalami gejala depresi jika mereka melakukan aktivitas yang melibatkan bagian otak yang sensitif lebih besar. 



"Penemuan ini membantu kita mengerti mengapa beberapa orang cenderung mengalami depresi ketika memiliki masalah tidur," ujar Ahmad Hariri, profesor di Duke University di North Carolina, Amerika Serikat. 

(Baca juga: Apakah Tidur dengan Bra Berdampak Buruk Bagi Kesehatan?)

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience tersebut memeriksa bagian otak dalam bernama ventral striatum pada 1.129 mahasiswa. 

Ventral striatum membantu mengatur perilaku dalam merespons umpan balik eksternal, serta memperkuat perilaku yang dihargai dan mengurangi perilaku yang tidak dihargai. 



Hasilnya, mereka yang tak terlalu rentan pada efek kurang tidur secara signifikan memiliki aktivitas otak yang lebih tinggi dalam hal merespons umpan balik positif atau penghargaan dibandingkan pada umpan balik negatif. 

"Kurang tidur memang tak baik, namun bila Anda mengalami hal yang positif, tidak demikian. Semakin Anda responsif pada pengalaman positif, maka semakin kecil kemungkinan Anda mengalami depresi akibat kurang tidur," simpul Hariri. 











(TIN)