Kapan Waktu Paling Tepat untuk Tidur Siang?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 19 Aug 2017 17:07 WIB
tidur
Kapan Waktu Paling Tepat untuk Tidur Siang?
Kapan Waktu Paling Tepat untuk Tidur Siang? (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidur siang adalah hal yang umum dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh sejenak di siang hari. Namun, tahukah Anda kapan waktu paling tepat untuk terlelap tersebut?

Jawabannya adalah pada pukul 3 sore.

Hal ini dikarenakan waktu tersebut merupakan saat di mana irama sirkadian menurun. Kebanyakan orang mengalami ngantuk setelah makan siang sehingga tak terlalu fokus. Oleh karena itu, pukul 3 sore adalah waktu yang tepat untuk menutup mata sejenak, yaitu sekitar 20-30 menit.

Bila lebih lama dari durasi tersebut, maka Anda akan tertidur nyenyak dan saat terbangun satu jam kemudian, Anda akan merasa grogi. Hal tersebut dikenal dengan inersia tidur.

Meskipun tidur siang bisa mengganti waktu pada tidur malam yang berkurang, terlalu banyak tidur siang bisa membuat kesulitan tidur malam.

"Saat Anda kurang tidur, makan hal buruk akan terjadi pada suasana hari, konsentrasi, kesehatan, dan sistem imun Anda," ujar asisten profesor obat klinis di Keck School of Medicine di University of Southern California, Rajkumar Dasgupta.

Sementara, tidur siang dapat meningkatkan produktivitas yang menurun karena kurang tidur.

Setelah tidur siang, orang akan lebih sadar, kreatif, dan memiliki kemampuan ingatan dan belajar yang lebih baik. Selain itu, tingkat kesalahan dan kecelakaan dalam bekerja pun lebih kecil.



 


(ELG)