Seperti Penyakit, Suasana Hati Buruk juga Bisa Menular

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 28 Sep 2017 10:57 WIB
psikologi
Seperti Penyakit, Suasana Hati Buruk juga Bisa Menular
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Suasana hati ternyata bisa menular, misalnya ketika teman Anda senang, maka Anda pun akan merasakan hal yang sama bila bersamanya dalam beberapa lama.

Sebuah penelitian menemukan bahwa penularan suasana hati tersebut, baik saat senang maupun sedih, tidak akan memberikan efek buruk pada mental Anda.

Penemuan tersebut menunjukkan bahwa suasana hati dapat menyebar dalam jaringan pertemanan, termasuk gejala depresi, putus asa, dan kehilangan selera.

Memiliki lebih banyak teman dengan suasana hati lebih buruk berhubungan dengan kemungkinan yang lebih besar dan mengalami suasana hati buruk juga, dan menurunkan pengembangan diri seseorang.

Namun, efek dari penurunan suasana hati teman tak cukup kuat untuk membuat seseorang menjadi depresi.

"Mengetahui bagaimana perubahan suasana hati dapat dipengaruhi oleh suasana hati teman membantu peneliti mengembangkan intervensi pada depresi remaja," ujar peneliti statistik kesehatan publik Rob Eyre dari University of Warwick di Inggris.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Royal Society Open Science tersebut menemukan bahwa suasana hati yang umumnya ditentukan oleh nafsu makan, kelelahan, dan tidur; bisa menyebar dari satu orang ke orang lain. Hal ini dikenal juga dengan penularan sosial.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 350 juta orang di dunia mengalami depresi, dimana gangguan tersebut memengaruhi kemampuan seseorang dalam bekerja dan bersosialisasi. Gangguan tersebut juga dapat berujung pada bunuh diri.

"Penelitian ini berpendapat bahwa salah satu cara intervensi yang tepat adalah memperbanyak pertemanan karena hubungan sosial tersebut dapat mengurangi risiko depresi, dan mengurangi penyebaran suasana hati negatif," pungkas asisten profesor Frances Griffiths.


(DEV)