Santan Bantu Kurangi Risiko Alzheimer

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 17 Sep 2016 16:26 WIB
alzheimer
Santan Bantu Kurangi Risiko Alzheimer
Santan Bantu Kurangi Risiko Alzheimer (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com,Jakarta: Santan, cairan putih lezat yang diekstrak dari daging kelapa parut memiliki banyak manfaat, baik secara kuliner maupun kesehatan.

Cara membuat santan tidaklah sulit, cukup memeras parutan daging kelapa. Bila ingin menghasilkan cairan yang lebih banyak, campurkan cairan murni tersebut dengan air hangat.

Selain bahan pelengkap dalam makanan agar semakin lezat, santan juga memiliki manfaat kesehatan seperti berikut.

1. Membantu mengurangi arthritis
Salah satu alasan penting untuk minum santan bagi penderita arthritis atau radang sendi adalah adanya kandungan selenium, yang merupakan antioksidan, untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada bagian tersebut.

2. Menurunkan Kolesterol
Tidak seperti susu, santan membawa lemak jenuh yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Dalam sebuah studi, ditemukan bahwa lemak jenuh dalam santan efektif dalam meningkatkan tingkat kolesterol baik.

Baca: Bijak Memilih Produk Berbasis Kelapa

3. Menurunkan berat badan
Menurut beberapa penelitian, salah satu manfaat santan adalah membantu dalam penurunan berat badan. Minyak kelapa asli, yang dibuat dengan cara merebus santan, biasanya digunakan dalam hal penurunan berat badan.

4. Meningkatkan imunitas
Adanya nutrisi seperti vitamin C dan asam laurat dalam santan membuat imunitas tubuh semakin meningkat. Jika Anda sering terserang batuk atau pilek, tambahkan santan dalam makanan Anda. Asupan harian santan, dalam jumlah kecil, juga membantu menghindari banyak penyakit.

5. Menguatkan tulang
Santan mengandung kalsium dan fosfor yang membantu menguatkan. Tidak hanya itu, dikatakan bahwa air kelapa menurunkan risiko patah tulang. Jadi, jika Anda ingin tulang kuat, minumlah santan.

6. Mengatur gula darah
Kandungan mangan dalam santan membantu mengatur gula darah. Fungsi utama dari mangan adalah untuk membantu dalam metabolisme dan mencegah peradangan.

7. Menyehatkan jantung
Asam laurat salam santan menyehatkan jantung dan memiliki sifat antibakteri dan antivirus tertentu yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

8. Mencegah penyakit Alzheimer
Sebuah penelitian baru mengklaim bahwa dengan mengkonsumsi santan setiap hari, menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer Dengan asupan rutin santan, penderita Alzheimer menunjukkan beberapa perubahan yang efektif. Oleh karena itu, untuk otak yang sehat, santan adalah yang terbaik.


 


(ELG)