Bolehkah Berenang saat Haid?

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 06 Oct 2016 16:39 WIB
kesehatan
Bolehkah Berenang saat Haid?
(Foto: cdnds)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang berpikir ulang untuk berenang saat sedang haid. Alasannya beragam. Mulai dari khawatir mencemari air kolam, hingga cemas akan mengidap gangguan kesehatan.

Sebenarnya, berenang pada saat haid tidak membahayakan kesehatan, lho.

Dr Liva Wijaya, SpOG, spesialis kedokteran obstetric dan ginekologi mengungkapkan, berenang saat haid aman dilakukan karena vagina akan saling kolaps atau melekatkan diri satu sama lain secara otomatis saat menghadapi tekanan yang lebih tinggi.

"Tekanan di air (kolam renang) lebih tinggi sehingga vagina akan kolaps. Kondisi ini membuat bakteri dari luar akan susah masuk," ucap Dr Liva, dalam media workshop It's Better To Be Protected In Your Red Days, di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

(Baca:Pikir Lagi Sebelum Buang Air Kecil di Kolam Renang)


Dengan begitu, darah haid pun tak bisa keluar ketika berada dalam air. Risiko terkena infeksi karena masuknya benda-benda asing yang berada dalam air juga semakin kecil karena saluran tersebut tertutup rapat.

Meski demikian, memang ada baiknya tidak berenang ketika sedang haid karena pH pada organ genital sedang tidak stabil. Hal ini bisa memicu terjadinya infeksi. Apalagi, jika darah haid sedang banyak-banyaknya.

"Kalau sudah pada akhir masa haid dan darah sangat sedikit yang keluar, berenang akan lebih aman," ucapnya.

Ia menambahkan, pada dasarnya, saat terjadi flek pada akhir masa haid, darah dalam dinding rahim sudah bersih, hanya ada sedikit yang tertinggal di vagina. Pada masa ini, berenang aman dilakukan.





(DEV)