Cara Mudah Menghilangkan Lemak di Perut

Raka Lestari    •    Rabu, 26 Dec 2018 07:41 WIB
kesehatan
Cara Mudah Menghilangkan Lemak di Perut
Makan lebih banyak serat larut untuk membuat Anda kenyang lebih lama, yang membuat Anda tidak makan terlalu banyak. (Foto: Tyler Kiser/Unsplash.com)

Jakarta: Lemak merupakan salah satu hal yang banyak ditakutkan orang. Mengingat lemak terutama lemak visceral yaitu sejenis lemak yang berada jauh di dalam perut Anda dan mengelilingi organ-organ internal Anda, terkait dengan sejumlah besar masalah kesehatan yang mengerikan seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

Bahkan menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) risiko Anda terhadap masalah-masalah kesehatan meningkat bahkan lebih besar jika ukuran pinggang Anda lebih dari 35 inci untuk wanita dan 40 inci untuk pria.

Untuk itu, menjaga lemak-lemak di perut agar tidak berlebihan sangatlah penting dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga lemak di perut seperti dilansir dari Womenshealthmag: 

1. Banyak bergerak
Berjalan kaki, Berlari, bersepeda, atau berenang, atau kegiatan apapun yang membuat Anda berkeringat akan membantu mengurangi lemak visceral. 

Noam Tamir, C.S.C.S, pendiri TS Fitness, juga mengatakan bahwa jenis olahraga metabolic resistance training dan High-Intensity Interval Training (HIIT) adalah cara yang tepat untuk mengurangi lemak di seluruh tubuh, termasuk lemak perut. 

(Baca juga: Kenali Lemak Baik dari Minyak Zaitun)


(Makan lebih banyak serat larut untuk membuat Anda kenyang lebih lama, yang membuat Anda tidak makan terlalu banyak. Foto: Jez Timms/Unsplash.com)

2. Mengonsumsi lebih banyak protein
"Tubuh Anda mulai memproduksi lebih banyak insulin seiring bertambahnya usia, karena otot dan sel-sel lemak Anda tidak merespons dengan baik," jelas Louis Aronne, M.D., direktur klinik obesitas di Cornell University. 

Inilah yang dikenal sebagai resistensi insulin. Dan diet tinggi protein dapat melindungi Anda dari resistensi insulin, kata Aronne.

3. Tambahkan lemak sehat
Selain meningkatkan kadar kolesterol Anda, lemak jenuh juga mengandung lebih banyak lemak visceral daripada lemak tak jenuh. 

Lemak tak jenuh ganda dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan. Namun perlu diingat, lemak lebih tinggi kalori sehingga Anda tetap harus menjaga porsi makan Anda.

4. Perhatikan waktu tidur
Memiliki jadwal tidur yang rutin setiap harinya juga dapat membantu mengurangi lemak perut. Wanita yang bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap malam memiliki tingkat lemak tubuh yang lebih rendah, menurut sebuah studi baru-baru ini di Universitas Brigham Young. 

Menurut sebuah penelitian pada 2017 di jurnal PLOS ONE, peserta yang tidur enam jam di malam hari memiliki ukuran pinggang yang rata-rata tiga sentimeter lebih besar daripada mereka yang tidur selama sembilan jam.

5. Jangan lupakan serat
Tamir  menyarankan makan lebih banyak serat larut untuk membuat Anda kenyang lebih lama, yang membuat Anda tidak makan terlalu banyak. 

"Makanan tinggi serat memperlambat pencernaan Anda dan dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar," kata Tamir. 

Dalam sebuah studi tahun 2012 di jurnal Obesity, subjek yang meningkatkan asupan serat larutnya sebesar 10 gram sehari (setara dengan dua apel kecil, satu cangkir kacang polong hijau, dan satu setengah cangkir kacang pinto) mengurangi lemak visceral sebesar 3,7 persen setelah lima tahun. 





(TIN)