Ini yang Terjadi pada Penglihatan Si Kecil dalam Kandungan

   •    Kamis, 29 Nov 2018 10:47 WIB
kehamilan
Ini yang Terjadi pada Penglihatan Si Kecil dalam Kandungan
Apa saja yang terjadi pada indra penglihatan si kecil di awal kehidupannya? Berikut informasinya. (Foto: Omar Lopez/Unsplash.com)

Jakarta: Sejak dilahirkan, indra penglihatan si kecil sudah berfungsi. Namun, matanya baru akan terbuka secara optimal setelah beberapa hari.

Si kecil memang bisa merespons Anda sesekali, terkadang si kecil seolah tidak tahu bahwa ada objek di depan matanya.

Dilansir dari BabyCenter, apa saja yang terjadi pada indra penglihatan si kecil di awal kehidupannya? Untuk menghapus rasa penasaran Anda, berikut penjelasannya.


(Si kecil memang bisa merespons Anda sesekali, terkadang si kecil seolah tidak tahu bahwa ada objek di depan matanya. Foto: Sergio Valena/Unsplash.com)

(Baca juga: Ternyata Begini Cara Janin Menerima Makanan dalam Kandungan)

1. Paparan cahaya
Dalam perkembangan penglihatan si kecil dengan mata yang normal memerlukan cahaya saat berada dalam janin Anda. Namun, pada minggu pertama kelahirannya si kecil hanya dapat melihat dengan jelas objek yang berada sekitar 20-30 cm di depan matanya walaupun tidak jelas atau blur.

2. Perubahan warna mata
Di minggu ke 28 kehamilan, si kecil akan membuka mata untuk pertama kalinya di dalam janin. Lalu si kecil mulai untuk melihat.

3. Hitam putih
Selama 1 bulan si kecil belum bisa membedakan banyak warna, hanya melihat warna hitam dan putih saja. Meski begitu, Anda tetap harus menstimulasinya dengan memberikan objek atau benda yang memiliki berbagai macam bentuk dan pola.

4.  Mengenal dimensi warna
Si kecil akan belajar melihat warna dengan tiga dimensi warna, yaitu hue (corak), saturation (intensitas cahaya), dan brightness (tingkat kecerahan). Jadi, jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengannya bisa menggunakan cahaya senter lalu komunikasilah.


Maria Fransiska





(TIN)