Lima Cara Menekan Nafsu Makan Secara Alami

Raka Lestari    •    Minggu, 28 Oct 2018 18:21 WIB
diet
Lima Cara Menekan Nafsu Makan Secara Alami
(Foto: Self)

Jakarta: Diet menjadi salah satu cara untuk mengurangi nafsu makan. Sayangnya, tidak semua orang bisa menerapkan diet yang benar sehingga terkadang pilihan mereka jatuh kepada obat-obatan yang bisa menekan nafsu makan.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menekan nafsu makan, berikut ulasannya seperti dilansir dari Reader Digest.

1. Makanan pedas

"Bahan aktif dalam banyak makanan pedas adalah capsaicin, senyawa yang bertindak sebagai penekan nafsu makan alami," jelas Dr Josh Axe, pendiri laman DrAxe.com.

Tidak hanya itu, capsaicin juga meningkatkan metabolisme sehingga tubuh Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, tambahnya.  

Cabai rawit memiliki manfaat kesehatan juga. Menambahkan beberapa potong cabai rawit pada makanan akan menekan banyaknya makanan yang Anda konsumsi, kata ahli gizi dari New York, Joy L. Bauer.

2. Menghirup peppermint

"Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika para peserta mencium peppermint setiap dua jam selama lima hari, mereka mengonsumsi hampir 1.800 lebih sedikit total kalori, dan menilai tingkat rasa lapar mereka jauh lebih rendah daripada peserta yang tidak terpapar dengan peppermint," kata Bauer.

Dia menyarankan untuk menyalakan lilin beraroma peppermint, mengunyah permen peppermint, atau menghirup teh peppermint untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Mengonsumsi apel

Mengonsumsi satu buah apel sehari dapat menjadi penekan nafsu makan alami.

"Kombinasi pektin, serat larut, kadar air yang tinggi, dan banyak mengunyah membuat apel menjadi makanan yang sangat menyehatkan," kata Bauer. Selain itu, apel juga sangat mudah dibawa kemanapun Anda bepergian sehingga Anda mudah untuk mengendalikan jumlah yang dimakan, tambahnya.

4. Minum air putih

Minum dua gelas air sebelum makan dapat membuat Anda mengontrol nafsu makan, kata Bauer.

"Jika air membuat Anda bosan, tambahkan irisan jeruk atau mentimun, atau jus buah," katanya.  
"Dengan mengonsumsi air sebelum makan, ini akan menjaga nafsu makan Anda tetap terkendali."

5. Minum teh hijau

 "Ekstrak teh hijau memengaruhi dua hormon peptida penting, norepinefrin, dan dopamin, yang mengaktifkan sistem saraf simpatik," kata Dr Axe. Secara khusus, teh hijau mengandung senyawa kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) yang dianggap mencegah pemecahan katekolamin, yang mengarah ke pengurangan dalam nafsu makan, tambah Dr Axe.


(DEV)