Cara Mudah Meredakan Nyeri Lutut

Raka Lestari    •    Rabu, 10 Jan 2018 08:00 WIB
tips & trik
Cara Mudah Meredakan Nyeri Lutut
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Nyeri di bagian lutut mungkin terdengar sepele. Namun, sangat tidak tidak nyaman dan bisa menurunkn produktivitas. Nyeri lutut umumnya terjadi sehabis berolahraga, setelah makan sesuatu yang dapat memicu peradangan.

Sebelum memeriksakan tulang Anda ke dokter, beberapa cara sederhana ini bisa membantu mengurangi nyeri lutut.

1. Es

Jika Anda memiliki rasa sakit di bagian dalam lutut, es adalah cara termudah untuk mengurangi rasa sakit. "Aplikasikan selama 10-15 menit pada lutut, bungkus es dengan menggunakan kain," ujar Karen Wu, terapis fisik dari New York seperti dilansir dari Reader Digest.

2. Memijatnya

Dr Wu menyarankan untuk melakukan pijatan pada paha bagian dalam dan belakang. "Otot adduktor (inner thigh) dan medial hamstring (belakang paha) terhubung ke bagian dalam lutut, hanya melewati sendi lutut. Mengendurkan jaringan lunak ini akan membantu mengurangi tekanan pada lutut."

3. Peregangan hamstring

Peregangan ini bisa dilakukan duduk di lantai dengan kaki lurus lurus di depan Anda.  "Otot-otot ini terhubung ke bagian belakang lutut, di bagian dalam dan luar lutut sehingga peregangan otot ini mengurangi kompresi dan melenturkan posisi sendi lutut. Lakukan pergangan ini dan tahan minimal 30 detik dan ulangi hingga tiga kali.

4. Luruskan kaki dan gerakkan empat arah

Berbaring telentang untuk memulai latihan ini. Mulailah dengan mengencangkan bagian depan paha depan (paha depan) sambil meluruskan kaki, kata Dr Wu. Pertahankan kontraksi otot dan angkat kaki ke arah atas, kiri, kanan, dan depan sambil tetap menjaga panggul tetap stabil.

5. Gunakan obat analgesik hangat

Meskipun bukan solusi jangka panjang krim topikal yang bersifat mendinginkan atau menghangatkan kulit bisa menghilangkan sedikit rasa sakit. "Krim topikal ini akan memanipulasi otak dengan merasakan sensasi baru, sehingga mengurangi persepsi Anda akan rasa sakit." ujar Dr Wu.




(DEV)