6 Penyebab Migrain yang Jarang Diketahui

Torie Natalova    •    Jumat, 23 Mar 2018 07:00 WIB
kesehatan
6 Penyebab Migrain yang Jarang Diketahui
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Migrain adalah salah satu keluhan yang sering dirasakan wanita. Kelelahan, kurang tidur, hingga banyak tekanan adalah beberapa penyebabnya.

Namun, ada beberapa alasan baru yang mungkin tanpa disadari dapat memicu sakit kepala. Salah satunya karena banyak mengonsumsi makanan olahan seperti keju, daging asap, dan salmon asap yang mengandung sulfit yang dapat melebarkan pembuluh darah dan menyebabkan sakit kepala.

Selain makanan, ada beberapa penyebab sakit kepala dan migrain lain yang sebaiknya Anda ketahui, berikut seperti dilansir dari Prevention.

1. Terlambat minum kopi

Banyak orang yang punya kebiasaan minum kopi pagi-pagi mengalami migrain pada akhir pekan. Salah satu penyebabnya adalah bangun kesiangan. Itu membuat waktu Anda minum kopi menjadi terlambat dibanding hari-hari biasanya sehingga Anda pun migrain.

2. Hubungan terdekat

Bertengkar dengan atasan atau pasangan bisa menjadi sumber sakit kepala yang besar. Ketika Anda cemas, Anda cenderung mengambil napas lebih pendek. Semakin sedikit oksigen yang masuk ke otak, semakin banyak pembuluh darah Anda menyempit yang dapat menyebabkan sakit kepala.

3. Layar komputer

Jika Anda menatap layar sepanjang hari, Anda mengalami banyak tekanan pada mata. Plus, v ariasi cahaya dan kecerahan layarmengaktifkan retina dan saraf di belakang mata Anda yang dapat menyebabkan sakit kepala.

4. Pom bensin

Banyak orang yang menderita sakit kepala memiliki kepekaan terhadap bau tertentu. Aroma yang paling umum memicu reaksi alergi adalah bensin, tembakau dan parfum. Gejala alergi yang cukup sering terjadi adalah sakit kepala.

5. Kecanduan smartphone

Melihat ke bawah layar smartphone Anda memberikan banyak tekanan pada leher Anda. Ini  dapat memicu sakit kepala di bagian belakang kepala. Dan jika Anda menatap komputer sepanjang hari juga menghabiskan waktu menatap layar smartphone, Anda dapat meningkatkan ketegangan mata yang merupakan penyebab sakit kepala umum lainnya.

6. Cahaya matahari

Cahaya terang dari sinar matahari di musim panas yang terik dapat memicu migrain. Sinar cerahnya mengganggu talamus, area otak yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke tubuh Anda dan menyebabkan sakit kepala instan.

Lihat video:




(DEV)