Mengenal Kanker Endometrium

   •    Rabu, 18 Oct 2017 14:44 WIB
kanker
Mengenal Kanker Endometrium
Menurut review yang diterima oleh Metrotvnews.com dari dr. Firman menjelaskan bahwa sekitar 11.000 kasus baru ditemukan setiap tahunnya di negara Jerman. (Foto: Carolina Heza/Unsplah.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendengar nama kanker rahim pastinya Anda sudah mengetahuinya. Menurut dr. Med Firman Santoso, SpOG dari Brawijaya Hospital & Clinic, Jakarta mengatakan Kanker rahim atau Endometrial Cancer/Uterine Cancer adalah kanker terbanyak nomor satu di negara maju atau negara industri dan merupakan kanker terbanyak nomor dua di negara-negara berkembang setelah kanker serviks.

"Endometrioid Adenocarcinoma adalah jenis histology (ilmu yang mempelajari tentang struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop) yang paling sering ditemukan, mempunyai karakteristik prognosis yang sangat baik jika ditangani pada stadium awal," jelas dr. Firman.

"Jenis histologi kanker rahim yang lain adalah seros papillary, clear cell cancer yang mempunyai prognosis lebih buruk dibanding jenis endometrioid cancer," tambahnya lagi.

(Baca juga: Gejala Kanker Ovarium Berdasarkan Pengalaman Survivor)



Epidemiologi 
Menurut review yang diterima oleh Metrotvnews.com dari dr. Firman menjelaskan bahwa sekitar 11.000 kasus baru ditemukan setiap tahunnya di negara Jerman, 18 dari antara 100.000 wanita didiagnosis menderita kanker rahim dan merupakan kanker nomor dua terbanyak di negara Jerman setelah kanker payudara.

Insiden dari kanker rahim meningkat seiring dengan peningkatan usia. 1 dari 200 wanita akan meninggal oleh karena kanker rahim (mortality risk 0,5 persen).

"Di seluruh dunia, pada tahun 2008, sekitar 288,000 wanita di diagnosa dengan kanker rahim. Usia rata-rata kanker rahim terdiagnosis pada usia antara 50-70 tahun," beber dr. Firman.

"Mayoritas kasus kanker rahim ditemukan pada stadium awal, sekitar 68 persen ditemukan masih terlokalisir di uterus; sudah menyebar ke regional organs dan lymph nodes/kelenjar getah bening sekitar 20 persen; dan distant metastases sekitar 8 persen," tulis dr. Firman.



Histopathology
Endometrioid Adenocarcinoma adalah jenis histologi yang paling sering dijumpai. Kanker rahim dibagi menjadi dua tipe, yaitu: 

Type I tumors: 
Termasuk di dalam tipe 1 adalah tumor dengan endometrioid adenocarcinoma histology, dengan  grading 1 atau 2; jenis histologi ini mencakup 80 persen dari semua kanker rahim. Jenis ini lebih baik dalam hal prognosis, mereka merupakan tumor yang estrogen-responsive.

Type II tumors: 
Termasuk dalam kategori ini adalah serous papillary, clear cell, squamous tumor, incidence type 2 tumors berkisar antara 10 hingga 20 persen dari seluruh kanker rahim.

Jenis ini umumnya menunjukkan grading 3, yang identik dengan tumor progress yang sangat agresif dan mempunyai prognosis yang lebih buruk, non responsive terhadap estrogen, sehingga strategi pada tumor jenis ini terletak pada operasi dan radioterapi.











(TIN)