Lima Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Madu Manuka

Raka Lestari    •    Kamis, 01 Mar 2018 13:09 WIB
kesehatan kulit
Lima Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Madu Manuka
Madu Manuka sendiri adalah jenis madu tertentu yang dibuat dari lebah yang menyerbuki tanaman Manuka yang berasal dari Selandia Baru. (Foto: Annie Spratt/Unsplash..com)

Jakarta: Madu Manuka menjadi populer belakangan ini karena Kourtney Kardashian menceritakan bahwa salah satu rahasia kecantikannya adalah dengan menggunakan Madu Manuka ini pada kulit wajahnya. 

Madu Manuka sendiri adalah jenis madu tertentu yang dibuat dari lebah yang menyerbuki tanaman Manuka yang berasal dari Selandia Baru. 

Madu Manuka juga dianggap lebih manjur daripada madu kebanyakan sehingga harga jualnya pun lebih mahal daripada madu kebanyakan. Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapat dari Madu Manuka? Berikut ini adalah daftar manfaat Madu Manuka.

1. Membunuh bakteri 
Madu telah digunakan secara medis selama ratusan tahun karena sifat antibakterinya yang alami, paling sering untuk mengobati infeksi kulit. 

"Sifat antibakteri pada Madu Manuka dapat membantu infeksi staphylococcus yang berkaitan dengan infeksi pada folikel rambut serta infeksi pada kulit yang merangsang kondisi seperti eksim," jelas Lily Talakoub, M.D., pendiri McLean Dermatology and Skincare Centre. Dia mengatakan meskipun dalam jumlah kecil Madu Manuka dapat  digunakan untuk luka apapun dapat membantu menangkal bakteri berbahaya.


(Madu Manuka sendiri adalah jenis madu tertentu yang dibuat dari lebah yang menyerbuki tanaman Manuka yang berasal dari Selandia Baru. Foto: Courtesy of Organic.com)

(Baca juga: 5 Tempat Bulan Madu Terbaik)

2. Membuat kulit Anda bercahaya
Kualitas mikroba Madu Manuka yang baik juga menjadikannya langkah awal yang sangat efisien untuk dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. "Madu Manuka juga dapat meningkatkan pembersihan kulit dan juga mengurangi peradangan kulit," kata ahli dermatologi, Jennifer M. Segal, M.D., dari Texas. 

3. Membantu meningkatkan kualitas tidur 
Tinggalkan minuman bersoda dan pilih satu atau dua sendok teh Madu Manuka sebagai gantinya. "Bila diminum dalam dosis kecil sebelum tidur, Madu Manuka dapat meningkatkan produksi melatonin di otak yang mengatur ritme sirkadian dan membantu siklus bangun tidur kita," jelas Talakoub. Jika Anda menginginkan tidur yang lebih menenangkan, cobalah menambahkan Madu Manuka ke dalam secangkir teh chamomile. 

4. Membersihkan jerawat 
"Studi telah menunjukkan Madu Manuka dapat bermanfaat dalam mengobati jerawat ringan sampai sedang," kata Talakoub, hal ini karena kandungan antibakteri dan anti-inflamasi yang dmiliki Madu Manuka. Ia merekomendasikan untuk menggunakan masker Madu Manuka sekali atau dua kali seminggu untuk membantu meringankan jerawat.

5. Meringankan alergi 
"Satu sendok makan Madu Manuka yang dikonsumsi secara langsung dapat mengurangi alergi musiman seperti, demam, asma, dan eksim," kata Talakoub.  Carilah madu Manuka mentah karena khasiat antimikroba yang dipercaya bisa membantu alergi sangat ampuh dalam bentuk yang masih mentah ini. 








(TIN)