Usia Pertama Haid Pengaruhi Kondisi Kesehatan Wanita

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 13 Feb 2018 08:00 WIB
kesehatan
Usia Pertama Haid Pengaruhi Kondisi Kesehatan Wanita
Peristiwa haid pertama disebut juga dengan menarache. Periset telah mengklaim bahwa awal terjadinya menstruasi dikaitkan dengan berat badan pada awal masa dewasa dan obesitas pada tahap selanjutnya. (Foto: Erci Ward/Unsplash.com)

Jakarta: Ingatkah bagaimana ekspresi Anda ketika pertama kali menstruasi? Mungkin di antara Anda ada yang merasa panik, rewel, takut karena melihat bercak darah.

Nah, apakah Anda juga ingat kapan pertama kali menstruasi dan pada usia berapa? Usahakan Anda mengingat kembali kapan pertama kali haid. Sebab para ahli kesehatan mengatakan bahwa datang bulan pertama berkaitan dengan indikasi risiko penyakit tertentu dalam tubuh Anda seperti di bawah ini.

1. Berdampak pada berat badan
Peristiwa haid pertama disebut juga dengan menarache. Periset telah mengklaim bahwa awal terjadinya menstruasi dikaitkan dengan berat badan pada awal masa dewasa dan obesitas pada tahap selanjutnya.

Pakar kesehatan percaya bahwa menarche ini dikaitkan dengan indeks masa tubuh yang lebih tinggi dibanding kan masa kanak-kanak. Maka dari itu, anak yang kelebihan berat badan di masa kecilnya cenderung mengalami obesitas juga saat dewasa.


(Peristiwa haid pertama disebut juga dengan menarache. Periset telah mengklaim bahwa awal terjadinya menstruasi dikaitkan dengan berat badan pada awal masa dewasa dan obesitas pada tahap selanjutnya. Foto: Drew Robert/Unsplash.com)

(Baca juga: Ada Gumpalan Darah Saat Menstruasi, Normal atau Tidak?)

2. Mempengaruhi kesehatan
Jika mendapat menstruasi sebelum usia 10 tahun atau setelah usia 17, Anda mungkin beresiko tinggi memiliki penyakit jantung. Menurut periset yang telah meneliti seratus lebih 1,3 juta wanita yang mendapat haid pada usia 13 tahun, mereka memiliki risiko penyakit jantung yang rendah. 

3. Kehamilan
Pada wanita yang mendapat menstruasi di usia dini, memiliki risiko lebih besar terkena komplikasi kehamilan. Hal ini juga membuat Anda berisiko terkena preeklampsia, yakni kondisi tubuh yang ditandai dengan tekanan darah tinggi bahkan bisa merusak organ tubuh.

4. Risiko kanker payudara
Jika Anda mendapatkan menstruasi pada usia sebelum 12 tahun, Anda berisiko 20 persen lebih tinggi terkena kanker payudara. 

5. Diabetes
Peneliti juga mengatakan bahwa wanita yang datang bulan pada usia dini memungkinkan memiliki risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi. Hal ini berkaitan dengan Indeks Masa Tubuh (IMT) yang lebih tinggi, dan merupakan faktor utama diabetes tipe 2. 

Perlu diketahui bahwa pubertas berarti perubahan hormonal yang mungkin juga meningkatkan resistensi insulin. Sehingga saat pertama kali mens di usia terlalu muda ini berarti tubuh terpapar perubahan hormonal secara dini, yang berujung pada meningkatnya risiko diabetes.









(TIN)