Cara Mudah Membakar Kalori di Tempat Kerja

Raka Lestari    •    Senin, 13 Nov 2017 11:22 WIB
Cara Mudah Membakar Kalori di Tempat Kerja
Hasil penelitian menunjukkan mereka yang berjalan kaki membakar kalori tiga kali lebih banyak daripada mereka yang hanya duduk atau berdiri. (Foto: Bench Accounting/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut survei yang dilakukan pada tahun 2013, sebanyak 2 dari 5 orang mengatakan bahwa mereka mendapatkan berat badan yang berlebih dari tempat kerja. 

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Physical Activity and Health menunjukkan bahwa melakukan aktivitas ringan selama 15 menit dapat mencegah kenaikan berat badan Anda. Dan yang dibutuhkan adalah sebuah perubahan kecil pada hari kerja Anda. 

Peneliti dari University of Pittsburgh merekrut sebanyak 74 orang yang menjadi sukarelawan berusia sekitar 20 tahun dan sehat. Para sukarelawan tersebut duduk, berdiri, atau berjalan selama 15 menit sambil memakai masker yang bisa mengukur jumlah kalori yang dibakar. 



(Baca juga: Ingin Bahagia di Tempat Kerja? Ini Rahasianya)

Hasil penelitian menunjukkan mereka yang berjalan kaki membakar kalori tiga kali lebih banyak daripada mereka yang hanya duduk atau berdiri. Para pekerja yang duduk dan berdiri membakar sebanyak 20 kalori selama 15 menit, sedangkan pekerja yang berjalan kaki membakar sebanyak 60 kalori selama waktu 15 menit. 

Hasil tersebut menunjukkan apa yang mungkin sudah Anda ketahui: Duduk selama seharian penuh tentunya akan berpengaruh terhadap ukuran lingkar pinggang Anda. Di sisi lain, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa olahraga rutin tidak hanya dapat meningkatkan mood Anda, namun juga dapat meningkatkan kinerja Anda di tempat kerja.   








(TIN)