Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 25 Oct 2017 10:52 WIB
tidur
Tips agar Tidur Malam Semakin Berkualitas
Menurut Wiseman, waktu paling ideal untuk tidur siang adalah sekitar pukul 3 sore dimana ritme sirkadian berada pada tingkat terendah. (Foto: Independent.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kurang tidur dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, dari yang sederhana seperti pusing, hingga kronis, seperti kanker atau masalah jantung. 

Bagi Anda yang ingin memiliki kualitas tidur yang lebih baik, Profesor Richard Wiseman dari bidang the Public Understanding of Psychology di University of Hertfordshire memberikan beberapa tips jitu. 

Pertama, langsung terlelap begitu kepala menyentuh bantal bukanlah indikasi tidur nyenyak, meskipun banyak orang berpikir demikian. Sebaliknya, normalnya Anda akan terjaga selama delapan hingga 12 menit sebelum terlelap. Jika lebih dari waktu tersebut, maka Anda kaan kesulitan tidur. Lakukanlah sesuatu yang menenangkan pikiran untuk mengurangi rasa cemas dan cepat tertidur. 

Selain itu, masalah yang kerap dialami adalah terbangun di tengah malam dan kesulitan untuk kembali tidur. Hindari memegang gawai atau menonton TV karena hal tersebut akan membuat Anda semakin sulit terpejam. 



(Baca juga: Kualitas Tidur Berpengaruh Terhadap Inteligensi)

Wiseman juga tak menyarankan penggunaan alarm. Ketika Anda tidur cukup, maka Anda akan terbangun lima hingga sepuluh menit sebelum alarm berbunyi. Namun, masalah muncul ketika tidak demikian. 

"Alarm tak tahu apakah Anda sedang dalam fase nyenyak atau tidak. Usahakan Anda sedang tidak berada dalam fase tersebut untuk menghindari perasaan tak nyaman saat terbangun," saran Wiseman. 

Jika Anda merasa kurang tidur, cobalah tidur siang selama 20 menit setiap hari. Menurut Wiseman, waktu paling ideal untuk tidur siang adalah sekitar pukul 3 sore dimana ritme sirkadian berada pada tingkat terendah. 

Di satu sisi, kebanyakan masalah tidur bukanlah kesulitan tidur namun menghindari teror di malam hari. Sebanyak dua persen orang di Inggris mengaku teror malam seperti mimpi buruk dapat membuat mereka langsung duduk dengan mata terbelalak, berteriak, meskipun masih dalam keadaan tidur. 

Menurut beberapa penelitian, hal tersebut dipicu oleh stres, pusing, panas, dan beberapa gangguan seperti cahaya dan suara. Mereka menyarankan untuk membuat kamar tidur tetap sejuk, gelap, dan ukuran kasur yang lebih besar sehingga tak menggangu tidur Anda dan pasangan. 










(TIN)