5 Kebiasaan Buruk yang Memicu Pengeroposan Tulang

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 28 Dec 2017 09:04 WIB
kesehatan tulang
5 Kebiasaan Buruk yang Memicu Pengeroposan Tulang
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kesehatan tulang dipengaruhi beberapa faktor, antara lain asupan gizi, aktivitas, serta kecukupan paparan sinar matahari pagi. Sebaliknya, beberapa faktor juga dapat menurunkan kesehatan tulang, berikut ulasannya seperti dilansir dari Web MD.

1. Terlalu lama menonton televisi

Kebiasaan terlalu lama menonton televisi dapat menurunkan kepadatan tulang. Ini karena, saat menonton televisi tak banyak gerakan yang dilakukan.

2. Konsumsi terlalu banyak garam

Kegemaran mengonsumsi makanan asin sangat tidak baik untuk kesehatan tulang karena garam dapat mengeluarkan kalsium dari tubuh Anda. Adapun kebutuhan garam per hari cukup 2.300 miligram.

3. Bersepeda jarak jauh

Bersepeda memang baik untuk kesehatan tubuh, tetapi bisa berdampak negatif untuk kesehatan tulang. Ssaat bersepeda, hanya kaki saja yang cenderung bergerak. Dibanding bersepeda jarak jauh, lebih disarankan melakukan aktivitas yang baik untuk kesehatan tulang seperti berenang, tenis, hiking, dan menari.

4. Lebih banyak di dalam ruangan

Terlalu banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan ternyata tidak baik untuk kesehatan tulang karena otomatis tubuh kekurangan asupan sinar matahari.

5. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan minuman bersoda

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol ternayata tidak baik untuk kesehatan tulang. Sebab, alkohol dapat menghambat tubuh menyerap kalsium. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan fosfor dan kafein pada soda dapat membuat tulang keropos.




(DEV)