Fungsi Aspirin untuk Penderita Penyakit Jantung

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 25 Sep 2016 08:49 WIB
kesehatan jantung
Fungsi Aspirin untuk Penderita Penyakit Jantung
(Foto: starrfmonline)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemberian aspirin pada orang yang mengalami serangan jantung dinilai sebagai langkah yang efektif.

Dr. dr. Ismoyo Sunu, SpJP(K), FIHA, FasCC selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dalam diskusi 'Kenali Faktor Risiko Penyakit Jantung & Pencegahannya' menjelaskan, aspirin membantu mencegah pembekuan darah.

"Aspirin bersifat sebagai pengencer darah, dan mencegah perluasan rasa nyeri. Bila serangan terjadi karena darah membeku, aspirin bisa mencegah agar tak makin banyak pembekuan," ujarnya.

Ia menjelaskan, salah satu pengobatan untuk serangan jantung adalah pengencer. Namun pemberian pengencer sebaiknya diberikan maksimal tiga jam setelah terjadi serangan, terutama untuk jenis cairan trombolik yang harus dilakukan oleh tenaga medis ahli.

Cairan trombolik akan bekerja dengan cara mengancurkan bekuan darah yang menutupi saluran darah sehingga memperlancar aliran darah.

"Penghancurannya barus dengan cairan tersebut dan hati-hati supaya tidak terjadi pendarahan yang berbahaya," pungkasnya.


(DEV)