Selain Telur, 5 Makanan Ini Kaya Protein

Torie Natalova    •    Kamis, 06 Oct 2016 11:51 WIB
kuliner
Selain Telur, 5 Makanan Ini Kaya Protein
Satu butir telur rebus mengandung 6 gr protein lengkap. (Foto: Simplecomfortfood)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain karbohidrat, protein juga dibutuhkan oleh tubuh untuk memberi energi menjalankan aktivitas sehari-hari. Karenanya, Anda sering dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berprotein setiap hari.

Berbicara tentang makanan berprotein, telur telah lama dipercaya memiliki kandungan protein yang tinggi. Satu butir telur rebus mengandung 6 gr protein lengkap.

Selain telur, ada lima jenis makanan yang juga mengandung protein lebih banyak. Anda bisa mencobanya jika bosan mengonsumsi telur.



1. Greek yogurt
Dalam satu kemasan Greek yogurt tawar tanpa lemak mengandung 17 gr protein dan hanya memiliki 100 kalori saja. Yogurt ini baik untuk kesehatan Anda.



2. Kacang kedelai panggang
Dalam seperempat cangkir kacang kedelai mengandung 15 gr protein. Tak hanya itu, kacang hijau juga mengandung potasium dan serat yang besar.

(Baca juga: Tak Usah Ragu Menyantap Dessert, Ini Manfaatnya)



3. Keju gruyere
Keju asal Swiss ini mengandung lebih dari 8 gr protein dalam setiap potongnya. Namun, perhatikan porsi saat mengonsumsinya. Satu ons keju mengandung 117 kalori. Jika tak ingin gemuk, jangan terlalu sering makan keju ini.



4. Biji labu kering
Biji labu dikenal mengandung magnesium yang tinggi. Biji labu juga dikenal merupakan sumber yang kaya protein. Dalam satu cangkir biji labu mengandung 10 gr protein.



5. Spirulina kering
Spirulina atau ganggang hijau mengandung protein yang tinggi. Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkan spirulina kering ke dalam salad atau ditaburkan di atas sayuran yang dipanggang. Cukup ambil dua sendok makan spirulina kering setiap hari untuk mendapatkan 40 kalori dan protein.






(TIN)