Wanita, Perhatikan Tanda Serangan Jantung Ini

Torie Natalova    •    Selasa, 11 Oct 2016 14:31 WIB
kesehatan jantung
Wanita, Perhatikan Tanda Serangan Jantung Ini
Dr. Daniel menyarankan para wanita untuk tidak meremehkan gejala yang tak biasa dialami tubuh. Segera periksakan ke dokter jika hal tersebut terjadi. (Foto: Images.lifescript)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu penyakit yang mematikan yakni serangan jantung tak hanya menyerang pria, wanita pun bisa terkena serangan jantung.

Menurut ahli penyakit jantung, Dr. William Daniel, penyakit dengan julukan "silent killer" ini bahkan lebih berbahaya pada wanita karena gejala serangan jantung sering berbeda pada setiap wanita dibandingkan pada laki-laki. 

Sayangnya, kebanyakan wanita tidak mengetahui gejala atau tanda-tanda dirinya mengalami stres atau kelelahan yang bisa memicu serangan jantung. 

(Baca juga: Yuk, Raih Hidup Sehat dengan Menjaga Kesehatan Jantung)

Menurut Daniel, mengetahui tanda-tanda penyakit jantung bisa mengurangi risiko kematian mendadak akibat serangan jantung. Berikut ini gejala atau tanda serangan jantung pada wanita yang sering diabaikan.

1. Nyeri dada tetapi tidak menyakitkan
Nyeri di daerah dada merupakan salah satu gejala khas dari serangan jantung. Namun, pada wanita, nyeri ini terasa lebih lembut. Serangan jantung pada wanita tidak langsung membuat nyeri di bagian dada secara tiba-tiba seperti yang sering Anda lihat di televisi. 

Wanita lebih merasakan gejala yang membuat tubuh tidak nyaman seperti gangguan pencernaan yang parah hingga nyeri di bagian lengan dan sesak napas. Ini menunjukkan serangan jantung tidak selalu membuat jantung berdebar kencang.

2. Rasa lelah yang berlebihan
Menurut Dr. Daniel, salah satu tanda peringatan dini serangan jantung pada wanita yakni kelelahan yang luar biasa dan tak pernah dirasakan sebelumnya. Jangan abaikan kondisi tersebut. 

Pasalnya, sebuah studi terbaru dari National Institutes of Health (NIH) menemukan bahwa lebih dari 70 persen wanita mengalami gejala seperti kelelahan selama beberapa hari atau minggu sebelum terkena serangan jantung.

3. Masalah tidur kronis
Masalah tidur seringkali dianggap akibat stres. Namun, masalah tidur yang kronis mungkin disebabkan selain kegiatan Anda yang melelahkan dan beban pikiran. Jika merasa ada gangguan yang tidak biasa pada tidur Anda, cobalah untuk mengunjungi dokter Anda.

4. Anda merasa seperti sakit flu
Beberapa wanita mengaku seperti mengalami flu sebelum serangan jantung. Sesak napas tanpa alasan yang jelas, pusing, pingsan, mual, atau muntah bisa jadi pertanda lain dari sekedar flu atau masuk angin biasa.

Meskipun gejala atau tanda serangan jantung tidak dirasakan, namun penyakit jantung pada wanita dapat dicegah. Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, cobalah untuk lebih banyak bergerak setiap hari. Jalan santai selama 30 menit sehari sudah bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Dr. Daniel menyarankan para wanita untuk tidak meremehkan gejala yang tak biasa dialami tubuh. Wanita mungkin mengalami tanda-tanda peringatan sekitar satu bulan sebelum serangan. Karenanya, sangat penting untuk menyadari sinyal dari tubuh Anda. Serangan jantung bisa dicegah dengan olahraga dan pola makan yang sehat.









(TIN)