Ini Beda Susu Sapi, Susu Kambing, dan Susu Kuda

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 03 May 2018 15:50 WIB
susu
Ini Beda Susu Sapi, Susu Kambing, dan Susu Kuda
Susu adalah makanan yang mengandung banyak zat gizi yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh seperti lemak, kalsium, fosfor, vitamin, dan protein. (Foto: Christiann Koepke/Unsplash.com)

Jakarta: Salah satu jenis susu yang paling umum dikonsumsi adalah susu hewani, seperti susu sapi, susu, kambing, atau susu kuda. Apakah ketiganya berbeda?

"Perbedaannya hanya susu kambing lebih rendah laktosa," jawab ahli gizi Dr. Marudut, B.Sc, MPS dalam Frisian Flag Indonesia Milkversation, Kamis 3 Mei 2018.

Oleh karena itu, susu kambing lebih disarankan pada mereka yang memiliki intoleransi pada laktosa. Orang yang sensitif pada produk susu, misalnya jadi diare setelah meminumnya, juga dianjurkan untuk memilih susu kambing.

"Kekurangannya cuma bau pada susu kambing lebih tercium."


(Susu kambing lebih disarankan pada mereka yang memiliki intoleransi pada laktosa. Orang yang sensitif pada produk susu, misalnya jadi diare setelah meminumnya, juga dianjurkan untuk memilih susu kambing. Foto: Monika Grabkowska/Unsplash.com)

(Baca juga: Pro dan Kontra Susu Beras)

Sementara itu, susu kuda memiliki sifat yang tak berbeda dengan susu sapi dari segi kandungan gizi.

Susu adalah makanan yang mengandung banyak zat gizi yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh seperti lemak, kalsium, fosfor, vitamin, dan protein.

Kalsium dan fosfor sangat berperan dalam kesehatan kepadatan tulang di mana konsumsi susu rutin dapat menurunkan risiko keropos tulang atau osteoporosis.




(TIN)