Lima Jenis Kanker Kulit yang Perlu Diketahui

Torie Natalova    •    Rabu, 20 Jun 2018 12:32 WIB
kanker
Lima Jenis Kanker Kulit yang Perlu Diketahui
Keratosis aktinik adalah prakanker atau lesi premalignan yang disebabkan oleh terlalu banyak terpapar matahari. (Foto: Aneta Ivanova/Unsplash.com)

Jakarta: Tidak seperti jenis kanker lain, kanker kulit dapat dideteksi dengan melakukan pemeriksaan terhadap diri sendiri. Semakin awal Anda menemukan kanker kulit, semakin cepat Anda dapat melakukan perawatan.

The Skin Cancer Foundation merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan diri sendiri sekali dalam sebulan. Pada dasarnya, jika Anda menemukan kulit dengan bintik aneh dan tidak kunjung hilang bahkan berkembang, segera periksa ke dokter.

Ada beberapa jenis kanker kulit yang perlu Anda waspadai seperti berikut ini.

1. Melanoma
Bentuk kanker kulit yang paling langka dan mematikan, melanoma muncul dari pertumbuhan tak terkendali dari jenis sel kulit yang disebut melanosit. Perhatikan tahi lalat Anda, apakah kedua bagian lesi terlihat sama atau simetris. Kemudian, perhatikan bagian tepinya apakah teratur atau tidak, apakah dia berkembang, berukuran lebih besar dari mm, dan warna melanoma cenderung multi warna.

(Baca juga: Deteksi Dini Kanker pada Anak, Orangtua Harus Cermat)


(Keratosis aktinik adalah prakanker atau lesi premalignan yang disebabkan oleh terlalu banyak terpapar matahari. Foto: Margot Pandone/Unsplash.com)

2. Actinic Keratosis
Keratosis aktinik adalah prakanker atau lesi premalignan yang disebabkan oleh terlalu banyak terpapar matahari. Lesi keratosis aktinik biasanya kasar, merah dan bersisik yang sering terjadi pada bagian wajah, bibir, telinga, punggung, lengan dan tangan.

3. Karsinoma sel basal
Ini jenis kanker kulit yang paling umum. Kanker ini cenderung tumbuh lambat dan sangat bisa diobati. Sayangnya, kanker jenis ini mudah diabaikan karena banyak orang berpikir bahwa titik tersebut adalah jerawat atau cacat yang tak kunjung sembuh. Lesi kanker ini berupa bejolan atau bintik-bintik seperti mutiara.

4. Karsinoma sel Skuamosa
Jenis kanker kulit ini yang paling umum kedua. Kanker ini mirip dengan karsinoma sel basal karena cenderung menjadi benjolan merah muda atau seperti tambalan yang tak akan hilang. Biasanya, ini bisa tumbuh dan seringkali terasa kasar seperti kutil yang bisa membuat Anda gatal, perdarahan, atau nyeri.

5. Karsinoma sel merkel
Meski jarang, kanker ini adalah salah satu yang paling berbahaya karena dapat tumbuh dengan cepat dan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Karsinoma sel merkel cenderung kecil, tanpa rasa sakit, merah, ungu atau merah muda, dan mungkin berkilau.





(TIN)