Studi: 6 dari 10 Orang Memiliki Menu Makanan yang Sama Setiap Hari

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 09 Apr 2018 07:00 WIB
studi kesehatan
Studi: 6 dari 10 Orang Memiliki Menu Makanan yang Sama Setiap Hari
Data Survei Diet dan Gizi Nasional (NDNS), menunjukkan bahwa asupan serat masih kurang di mana rata-rata orang hanya mengonsumsi 12 gram per hari. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa 6 dari 10 orang di Inggris mengonsumsi makanan yang sama setiap hari. 

Jajak pendapat pada 2000 orang dewasa tersebut menyebutkan bahwa tak ingin terjebak pada apa yang mereka sukai, kurang waktu untuk mencari makanan yang berbeda, dan terlalu pemilih adalah penyebabnya. 

Satu dari tiga partisipan menjalani pola monoton tersebut dengan alasan menurunkan berat badan. Lebih dari setengah partisipan merasa hal itu sudah menjadi kebiasaan dan 46 persen lainnya mengonsumsi makanan yang sama karena memang senang. 

Sebanyak 22 persen mengklaim tak punya waktu untuk memvariasi pola makan dan satu dari lima enggan mengganti menu makanan karena terlalu pemilih.

Hasilnya, 7 dari 10 partisipan yang ditanyai oleh Arla Fibre berharap bisa mendapatkan variasi dalam menu makanan. 

"Sudah jelas bahwa gaya hidup kita yang sibuk menyebabkan waktu makan menjadi berulang, tetapi dengan beberapa perubahan sederhana, kita dapat menambahkan lebih banyak warna dan kegembiraan ke dalam pola makan kita sekaligus memastikan kita mendapatkan cukup nutrisi dari kelompok makanan yang berbeda agar tetap sehat," kata Dr Ranj Singh, dokter residen. 

"Aturan sederhana yang sudah diketahui kebanyakan orang adalah selalu memilih roti cokelat daripada roti putih, nasi dan pasta, tetapi ada begitu banyak cara untuk mendapatkan lebih banyak serat dalam diet Anda yang tidak dipertimbangkan orang."


(Data Survei Diet dan Gizi Nasional (NDNS), menunjukkan bahwa asupan serat masih kurang di mana rata-rata orang hanya mengonsumsi 12 gram per hari. Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

(Baca juga: Sarapan yang Benar Beri Banyak Manfaat)

Studi ini juga menemukan bahwa lebih dari 8 dari 10 orang dewasa tidak tahu apakah menu makanan mereka saat ini mengandung vitamin dan mineral, meskipun 94 persen setuju bahwa penting untuk mendapatkan serat. 

Di satu sisi, hanya enam persen orang dewasa yang mengetahui bahwa dibutuhkan 30 gram serat setiap hari sedangkan dewasa membutuhkan 30 gram serat setiap hari.

Data Survei Diet dan Gizi Nasional (NDNS), menunjukkan bahwa asupan serat masih kurang di mana rata-rata orang hanya mengonsumsi 12 gram per hari. 

Tujuh puluh lima persen dari mereka yang disurvei mengatakan mereka berharap lebih mudah mendapatkan lebih banyak nutrisi dari apa yang mereka makan, dengan 22 persen merasa serat tidak masuk dalam menu makanan mereka. 

Selain itu, satu dari empat partisipan berpikir mereka tidak mendapatkan cukup zat besi, sementara 35 persen mengaku kekurangan vitamin dan 18 persen tidak berpikir mereka mendapat cukup magnesium.








(TIN)