Bahaya Tersembunyi dari Es Krim yang Mungkin Tidak Diketahui

Raka Lestari    •    Kamis, 02 Aug 2018 08:00 WIB
kesehatan
Bahaya Tersembunyi dari Es Krim yang Mungkin Tidak Diketahui
Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang mungkin bisa berbahaya dari es krim ketika Anda konsumsi. (Foto: Sheri Silver/Unsplash.com)

Jakarta: Mengonsumsi es krim, terutama ketika cuaca sedang panas dan terik merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan. Meskipun mungkin mengonsumsi es krim terasa aman, tetapi jika Anda tidak memerhatikannya dengan baik hal itu mungkin saja bisa membahayakan tubuh Anda atau bahkan keluarga Anda. 

Dikutip dari Today, berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang mungkin bisa berbahaya dari es krim ketika Anda konsumsi.

(Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Gelato atau Es Krim?)


("Es krim meleleh cukup cepat pada suhu kamar dan campuran susu dan gula yang mencair adalah tempat yang sempurna untuk bakteri seperti listeria, dan dengan membekukannya kembali hanya akan membuat semakin buruk" kata Amreen Bashir, seorang dosen dari ilmu biomedis di Aston University di Birmingham, Inggris. Foto: Lindsay Moe/Unsplash.com)

1. Hindari membekukan kembali es krim 
Menurut Amreen Bashir, seorang dosen dari ilmu biomedis di Aston University di Birmingham, Inggris mengatakan bahwa membekukan kembali es krim yang telah mencair dapat menyebabkan Anda keracunan makanan.

"Ini sering terjadi ketika es krim diambil dari freezer, dibiarkan sampai mencair dan kemudian dimasukkan kembali ke dalam freezer baru kemudian dimakan."

Membiarkan es krim mencair di tempatnya dapat menciptakan tempat berkembang biak yang bagus untuk berbagai jenis bakteri, seperti listeria yang dapat menyebabkan demam, mual, sakit perut, diare dan kram pada orang sehat. 

"Es krim meleleh cukup cepat pada suhu kamar dan campuran susu dan gula yang mencair adalah tempat yang sempurna untuk bakteri seperti listeria, dan dengan membekukannya kembali hanya akan membuat semakin buruk" kata Bashir. 

2. Wadah es krim
Selain itu, sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum membiarkan seluruh anggota keluarga Anda makan es krim dalam satu wadah kontainer yang sama. "Mencelupkan sendok kotor berkali-kali pada satu wadah es krim dapat membuat bakteri jahat menjadi berkembang biak dalam wadah tersebut," ujar Bashir. 

Dan jika Anda ingin mencoba membuat es krim sendiri di rumah, Rachel Lustgarten, ahli diet dan ahli keamanan makanan terdaftar di Weill Cornell Medicine di New York City mengatakan penting untuk menyimpan seluruh bahan-bahannya di dalam kulkas sampai Anda menggunakannya. 





(TIN)