Bahaya Minum Alkohol saat Masa Menyusui

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 01 Aug 2018 16:11 WIB
studi kesehatan
Bahaya Minum Alkohol saat Masa Menyusui
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Jakarta: Konsumsi alkohol berlebihan selalu memberi efek buruk pada tubuh, terutama pada ibu hamil. Sebuah studi baru dari American Academy of Pediatrics menemukan bahwa minum alkohol dan merokok menurunkan kemampuan kognitif anak.

“Mengekspos bayi ke alkohol melalui ASI dapat menyebabkan pengurangan, tergantung dosis pada kemampuan kognitif mereka. Pengurangan tersebut terlihat pada usia 6 hingga 7 tahun," demikian isi penelitian. 

Lebih lanjut, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics tersebut menambahkan bahwa anak-anak dari ibu yang memiliki konsumsi alkohol yang tinggi memiliki nilai penalaran non-verbal yang lebih rendah.

Paparan alkohol dan nikotin pranatal memang memiliki hubungan langsung dengan masalah kognitif pada anak-anak, tetapi penelitian tersebut memberikan wawasan tentang risiko yang ditimbulkan selama menyusui.

Berbagai penelitian telah menyimpulkan bahwa asupan alkohol dalam jumlah besar selama kehamilan menghasilkan pertumbuhan yang buruk dan perkembangan otak yang tidak tepat pada bayi.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), wanita hamil harus menjauhkan diri dari minum alkohol. Namun, bagi mereka yang tidak bisa meninggalkan kebiasaan ini, harus ada kesenjangan 2 jam antara mengonsumsi alkohol dan menyusui bayi.

Perlu diketahui bahwa kandungan alkohol dalam  ASI mencapai sekitar 30 menit dan bertahan hingga 2-3 jam setelah dikonsumsi. Selain itu, konsumsi alkohol berkaitan dengan rendahnya produksi ASI.

Lihat video:





(DEV)