Berbagai Manfaat Berjalan Kaki 30 Menit per Hari

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 03 Aug 2018 13:03 WIB
kesehatan
Berbagai Manfaat Berjalan Kaki 30 Menit per Hari
Berikut adalah manfaat berjalan kaki selama 30 menit setiap hari bagi tubuh. (Foto: Jonas Lee/Unsplash.com)

Jakarta: Berbagai studi menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, meskipun hanya kegiatan ringan. Bahkan, aktivitas sederhana seperti berjalan kaki saja dapat memberi banyak manfaat pada tubuh. 

Berikut adalah manfaat berjalan kaki selama 30 menit setiap hari bagi tubuh, seperti dilansir Thehealthsite. 

1. Membakar kalori
Berjalan 30 menit sehari dapat meningkatkan metabolisme dengan membakar kalori ekstra dan dengan mencegah kehilangan otot, yang sebenarnya penting untuk menurunkan berat badan.

(Baca juga: Berjalan Kaki Setara dengan Olahraga?)

2. Menjaga hati sehat
Berjalan setiap hari selama 30 menit meningkatkan detak jantung yang dapat berdampak pada pengontrolan tekanan darah serta peningkatan kolesterol baik dan sirkulasi darah.


(Menurut berbagai penelitian, berjalan setiap hari dengan pola makan sehat meningkatkan harapan hidup setidaknya lima hingga tujuh tahun. Foto: Thought Catalog/Unsplash.com)

3. Mencegah osteoporosis
Berjalan memperkuat tulang. Selain itu, berjalan di bawah sinar matahari mendorong tubuh untuk menghasilkan vitamin D3, yang digunakan untuk penyerapan kalsium yang efektif dalam tubuh. Kebiasaan jalan kaki tiap hari juga mencegah cairan dalam sendi mengering sehingga menjauhkan kita dari arthritis juga.

4. Membentuk otot
Rutin berjalan meningkatkan rasio otot dengan lemak dalam tubuh serta membantu untuk membentuk otot-otot yang menghasilkan paha, lengan, dan bokong yang kencang.

5. Membuat bahagia
Untuk menghilangkan stres dari pikiran, salah satu cara terbaik adalah dengan berjalan di taman sambil mendengarkan musik favorit. Kegiatan sederhana tersebut meningkatkan suasana hati saat pikiran mulai memproduksi oksitosin. Berjalan menginduksi tidur dan penghilang stres yang hebat.

6. Membantu detoksifikasi
Organ mulai membuang racun keluar ketika semua otot di tubuh bergerak. Bahkan usus besar menjadi aktif dan menghasilkan buang air besar secara teratur. Tubuh menjadi aktif ketika menyingkirkan racun.

7. Meningkatkan harapan hidup
Menurut berbagai penelitian, berjalan setiap hari dengan pola makan sehat meningkatkan harapan hidup setidaknya lima hingga tujuh tahun.





(TIN)