Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Gigi

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 19 May 2018 09:00 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Gigi
Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Gigi (Foto: pinterest)

Jakarta: Siwak atau ara adalah jenis tanaman yang tumbuh di daerah Timur Tengah. Tahukah Anda bahwa tanaman yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW tersebut baik untuk kesehatan gigi dan mulut?

Ahli gigi drg. Nada Ismah, Sp.Ort mengungkapkan bahwa tanaman satu itu memang memiliki kandungan yang mendukung kesehatan oral.

"Siwak memang dikenal sebagai alat pembersih gigi paling tua di dunia, seperti di Afrika, Timur Tengah, Pakistan, dan Asia," kata drg. Nada dalam peluncuran Sasha Halal Toothpaste, Jumat 18 Mei 2018.

Ia melanjutkan, kandungan dalam siwak tak kalah dengan pasta gigi kebanyakan, yaitu memiliki flour yang mampu melindungi dan memperkuat jaringan email gigi. Selain itu, siwak juga mengandung zat-zat baik antara lain silica yang dapat mengabrasi plak gigi, klorida untuk memutihkan gigi, dan vitamin C untuk membantu penyembuhan luka dalam mulut.

Beberapa penelitian juga menyebutkan, siwak mengandung sejumlah antiseptik alami yang membunuh mikroorganisme berbahaya di mulut, asam cokelat yang melindungi gusi dari penyakit, mencegah gigi berlubang, berwarna dan membusuk, serta minyak aromatik yang meningkatkan air liur.

“Oleh karenanya, siwak sangat baik juga digunakan saat kita memasuki bulan puasa, di mana tidak adanya aktivitas mengunyah selama 12 jam lebih sehingga air liur pun ikut berkurang,” tambahnya.

Siwak juga diklaim aman untuk gigi sensitif karena memiliki kandungan antibakteri yang dapat meminimalkan risiko pembengkakan.

"Gigi sensitif itu ada dua pemicunya, gigi berlubang atau peradangan. Keduanya harus ditangani dulu dengan benar. Baru didukung dengan pasta gigi yang mengandung siwak," terangnya.

 


(ELG)