Gemuk Tipe Apel Lebih Berisiko daripada Gemuk Tipe Pir

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 25 Apr 2018 14:56 WIB
obesitas
Gemuk Tipe Apel Lebih Berisiko daripada Gemuk Tipe Pir
Risiko beberapa penyakit seperti diabetes melitus, jantung koroner, dan stroke lebih besar enam kali lipat pada mereka yang mengalami obesitas ginoid. (Foto: Ayo Ogunseinde/Unsplash.com)

Jakarta: Obesitas adalah masalah berat badan yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Bahkan, untuk jenis obesitas tertentu, ancaman kesehatan bisa jauh lebih besar.

Obesitas sendiri dibagi dalam dua tipe, yaitu android (tipe buah apel) dan ginoid (tipe buah pir).

Tipe pertama cenderung mengalami penumpukan lemak di bagian dada, leher, dam wajah. Umumnya, obesitas tipe ini dialami mereka yang sudah menginjak usia menopause.

Risiko beberapa penyakit seperti diabetes melitus, jantung koroner, dan stroke lebih besar enam kali lipat pada mereka yang mengalami obesitas ginoid dibandingkan orang dengan berat badan normal. Mengapa demikian?

"Karena organ penting tubuh terdapat pada bagian atas tubuh," jawab ahli gizi Prof. Dr. Made Astawan dalam temu media & blogger, Rabu 25 April 2018.


(Obesitas sendiri dibagi dalam dua tipe, yaitu android (tipe buah apel) dan ginoid (tipe buah pir). Tipe pertama cenderung mengalami penumpukan lemak di bagian dada, leher, dam wajah. Umumnya, obesitas tipe ini dialami mereka yang sudah menginjak usia menopause. Foto: Hanna Morris/Unsplash.com)

(Baca juga: Gemuk dan Sehat, Mungkinkah?)

Sebaliknya, tipe obesitas ginoid cenderung mengalami penumpukan lemak di sekitar perut, pinggul, dan paha di mana umumnya sering dialami para wanita.

Obesitas tipe pir lebih aman dibandingkan tipe apel karena kemungkinan terserang penyakit jauh lebih rendah.

Namun, orang dengan obesitas tipe apel lebih mudah menurunkan berat badan dibandingkan orang dengan tipe pir.

Cara untuk mengetahui apakah seseorang tergolong obesitas android atau genoid adalah dengan melihat rasio pinggang terhadap pinggul. Bila rasio lebih besar dari 0,9 maka itu berarti Anda mengalami obesitas android. 





(TIN)