Cara Terbaik Penderita Diabetes Atasi Dilema Lapar

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 25 Jun 2018 14:17 WIB
kesehatandiabetes
Cara Terbaik Penderita Diabetes Atasi Dilema Lapar
Powers menyarankan agar membatasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat. Gantinya, ada tujuh makanan yang disebut dapat membantu menjaga kadar gula darah. (Foto: Jannis Brandt/Unsplash.com)

Jakarta: Rasa lapar menjadi dilema tersendiri bagi penderita diabetes. Sebab, hal itu sering dirasakan dan jika sering makan akan berdampak pada gula darah.

“Makanan karbohidrat seperti roti, sereal, nasi, pasta, buah-buahan, susu, dan makanan penutup dapat menyebabkan kenaikan ini (gula darah)," kata Maggie Powers, PhD, presiden terpilih Perawatan Kesehatan & Pendidikan di American Diabetes Association saat dikutip dari WebMD.

Powers menyarankan agar membatasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat. Gantinya, ada tujuh makanan yang disebut dapat membantu menjaga kadar gula darah, yaitu:

1. Sayuran mentah atau dimasak
Pilih sayuran yang lezat, rendah karbohidrat, seperti jamur, bawang, terung, tomat, kubis Brussel, dan labu rendah karbohidrat, seperti zucchini.

(Baca juga: Makanan yang Cocok untuk Pengidap Diabetes Tipe 2)


(Satu cangkir melon atau berries hanya memiliki 15 gram karbohidrat. Untuk sentuhan yang berbeda, campur melon atau buah beri dengan yogurt polos. Foto: Tiago Faifa/Unsplash.com)

2. Minuman beraroma dan rendah kalori
Air putih selalu baik, tetapi cairan yang dicampur dengan potongan buah dan sayuran akan lebih menarik. Jika Anda bukan peminum teh panas, cobalah teh dingin dengan lemon atau batang kayu manis.

“Tidak hanya minuman rendah karbohidrat ini, mereka juga dapat membantu mengisi (kenyang) Anda sehingga Anda tidak menginginkan makanan lain,” kata Powers.

4. Melon atau Berries
Tahukah Anda, satu cangkir salah satu dari dua buah tersebut hanya memiliki 15 gram karbohidrat. Untuk sentuhan yang berbeda, campur melon atau buah beri dengan yogurt polos.

“Ini sedikit lebih mahal, tapi ini adalah makanan sehat yang dikemas dengan nutrisi dan serat, dan itu sedikit manis,” kata Powers.

5. Biji-bijian dan higher fiber
Kedua jenis makanan ini merupakan salah satu cara Anda menghindari makan berlebih atau memilih makanan yang salah. Anda bisa mencoba kacang-kacangan seperti kacang kering, kacang polong, dan kacang lentil. Anda bahkan dapat menikmati salsa kacang hitam dan jagung dengan sayuran mentah Anda.

"Makanan ini masih memiliki karbohidrat, tetapi mereka memiliki rasa yang menarik (yang membantu Anda tetap puas)," kata Powers.




(TIN)