Cara Menggendong Bayi yang Benar agar Punggung Anda Tidak Sakit

Raka Lestari    •    Rabu, 23 May 2018 07:00 WIB
tips & trik
Cara Menggendong Bayi yang Benar agar Punggung Anda Tidak Sakit
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Menggendong bayi atau balita Anda dengan cara yang salah ternyata dapat memberikan efek negatif terhadap tubuh Anda, terutama pada bagian punggung. Untuk itu, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara menggendong anak Anda dengan baik.

Selain agar mereka merasa nyaman, Anda pun bisa terhindar dari sakit punggung jika menggendongnya dengan cara yang salah. 

Dilansir dari Romper, seorang terapis fisik bernama Heather S. Baker PT, DPT, COMT mengatakan bahwa cara terbaik untuk menggendong balita adalah dengan mulai menahannya dengan lutut Anda bukan dengan punggung Anda. 

Menurut Baker, ketika Anda membungkuk untuk menggendong balita Anda, sangat mudah untuk memberi terlalu banyak tekanan pada tulang belakang dan otot-otot punggung Anda, yang tidak dapat menahan beban untuk menggendong balita Anda beberapa kali sehari. Sebaliknya, Baker menyarankan untuk melakukannya dengan posisi jongkok  dan membiarkan otot kaki  Anda menanggung beban.

Banyak orangtua yang menggendong anak-anak mereka dengan cara yang salah. Akibatnya, kita mengalami tekanan yang tidak perlu di punggung hingga cedera.

"Banyak orang tua membungkuk dari pinggang mereka dan mengangkat balita mereka menggunakan punggung mereka. Ini akan berpengaruh pada ketegangan otot, regangan sendi, atau bahkan pada herniatic disc. Jika herniatic disc tersebut terganggu maka dapat menyebabkan rasa sakit, kesemutan, mati rasa, atau kelemahan di kaki."

Cara menggendong yang lebih baik adalah mengangkat dengan kaki Anda, bukan punggung Anda. Dia menjelaskan, "Ketika mengangkat seorang anak dari lantai, mulailah dengan berjongkok, posisikan lutut Anda di belakang jari-jari kaki.

Berjongkok memungkinkan seseorang untuk menggunakan otot-otot dan kaki yang kuat, dan dapat melindungi punggung.

"Anda juga harus fokus untuk melibatkan otot perut, sebelum mengangkat anak Anda untuk lebih melindungi tulang belakang."





(DEV)