Atasi Jet Lag dengan Mengonsumsi Ini

Raka Lestari    •    Rabu, 06 Feb 2019 13:14 WIB
makanan sehat
Atasi Jet Lag dengan Mengonsumsi Ini
Kandungan magnesium dan kalium dari pisang adalah elektrolit yang dapat menyeimbangkan garam dalam tubuh Anda. (Foto Ilustrasi: Ellive Sonas/Unsplash.com)

Jakarta: Bepergian ke tempat-tempat yang jauh sangat menyenangkan. Tapi, berhadapan dengan jet lag yang sering muncul bersamaan dengan traveling, tidak begitu menyenangkan.

Efek dari jet lag bisa sangat mengganggu sekali. Terutama karena jadwal tidur yang berantakan sehingga berdampak pada aktivitas-aktivitas lainnya.

Untungnya, ada makanan yang membantu mengatasi jet lag secara alami yang bisa menjadi penyelamat Anda. Dikutip dari Bustle, berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu Anda mengatasi jet lag:

1. Ceri
Ceri tidak hanya menggemaskan dan lezat, tetapi juga dapat membantu mengatasi jet leg yang Anda alami. Seorang ahli gizi, Lily Soutter, mencatat bahwa buah ceri merupakan salah satu sumber melatonin alami yang terdapat pada makanan. Ceri juga merupakan hormon alami yang mengatur ritme sirkadian dan dapat membantu Anda tertidur. Tidak hanya buah ceri segar,  namun buah ceri kering atau jus ceri juga bisa membantu.

2. Jahe
Jahe sudah cukup terkenal karena dapat membantu meredakan mual dan mabuk selama perjalanan, dan juga dapat mengatasi sakit perut. Jahe juga mengandung melatonin, sehingga Anda bisa menambahkan kaldu jahe pada makan malam atau minum jahe sebelum tidur untuk memudahkan Anda selama perjalanan.

3. Pisang
Pisang adalah salah satu makanan ringan yang sangat tepat dibawa ketika Anda bepergian. Kandungan magnesium dan kalium dari pisang adalah elektrolit yang dapat menyeimbangkan garam dalam tubuh Anda, membantu Anda rileks dan mendapatkan tidur malam yang lebih baik. Pisang juga salah satu makanan yang ideal untuk membantu Anda cepat tertidur.

4. Kiwi
Selain mudah dan praktis dibawa kemana pun, kiwi juga memiliki rasa yang lezat dan bergizi. Menurut Daily Mail, mengonsumsi satu buah kiwi sehari memiliki kaitan dengan peningkatan kualitas tidur. Ini mungkin karena mengandung kiwi serotonin, salah satu hormon "bahagia" kita dan tubuh kita dapat mengubah serotonin menjadi melatonin yang membantu mengatur siklus tidur.

5. Quinoa
Quinoa adalah karbohidrat kompleks dan penuh dengan protein dan serat, yang akan membuat Anda kenyang dan mengantuk. Sebaiknya Anda mengonsumsi quinoa ketika makan siang atau sebagai makan malam lebih awal. Ini akan membantu Anda untuk mengurangi ketergantungan akan kafein yang dapat mengganggu waktu tidur Anda nantinya.

Proteksi Diri di Musim Penghujan (1)



(FIR)