Tak cuma Menurunkan Berat Badan, Diet Juga Tekan Kolesterol

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 26 Feb 2019 07:00 WIB
kalbe nutritionals
Tak cuma Menurunkan Berat Badan, Diet Juga Tekan Kolesterol
Diet menurunkan kolesterol saat bersamaan. (Foto: Shutterstock)

Jakarta: Diet yang tepat akan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Selain menurunkan berat badan, diet juga membantu menekan kadar kolesterol. 

Diet akan membuat kadar kolesterol jahat (LDL) turun, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Untuk mendapatkan manfaat ganda ini pertimbangkan melakukan diet rendah lemak, terutama lemak hewani yang tinggi kolesterol. 

"Perubahan diet adalah cara penting untuk membantu menurunkan kadar LDL," kata Marissa Padilla, administrator di Castle Manor Skilled Nursing and Rehabilitation, seperti dilansir Elpasoinc.com.

"Kurangi lemak jenuh dengan makan daging merah dalam jumlah terbatas dan hindari makanan olahan," kata Padilla menambahkan.

Guna memperoleh hasil maksimal, ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi selama berdiet.

1. Makanan yang Mengandung Serat Larut Air (Soluble Fiber)

Mengonsumsi serat larut air secara teratur dapat mengurangi 5-10 persen kolesterol jahat dalam empat minggu. Dianjurkan untuk makan sekitar 5-10 gram serat larut air setiap hari untuk menurunkan kolesterol secara maksimal. Serat larut air ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, rami, apel, jeruk, dan batang tanaman hijau.

2. Buah dan Sayuran

Studi menunjukkan orang dewasa yang mengonsumsi sekitar empat porsi buah dan sayuran setiap hari memiliki kadar LDL sekitar enam persen lebih rendah daripada orang yang makan kurang dari dua porsi per hari.

Buah dan sayuran juga mengandung antioksidan dalam jumlah besar yang mencegah kolesterol LDL dari oksidasi dan pembentukan plak di arteri.

3. Kedelai

Kacang kedelai kaya protein dan mengandung isoflavon, senyawa nabati yang memiliki struktur serupa dengan estrogen. Penelitian menemukan bahwa protein kedelai dan isoflavon memiliki efek menurunkan kolesterol yang kuat dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengonsumsi kedelai setiap hari selama satu bulan dapat meningkatkan HDL sebesar 1,4 mg per dL dan mengurangi LDL sekitar 4 mg per dL.

4. Lemak Tak Jenuh

Penelitian menunjukkan bahwa mengganti sebagian besar lemak jenuh dengan lemak tak jenuh dapat mengurangi kolesterol total sebesar sembilan persen dan kolesterol LDL 11 persen dalam delapan minggu.

Makanan seperti alpukat, ikan berlemak, dan kacang-kacangan yang mengandung banyak lemak tak jenuh sehat untuk jantung.

5. Teh Hijau

Sebuah ulasan dari 14 studi menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau setiap hari selama dua minggu menurunkan kolesterol sekitar 7 mg per dL dan LDL sekitar 2 mg per dL. Teh hijau juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kolesterol LDL dari oksidasi dan pembentukan plak di arteri.

6. Diet Mediterania

Diet mediterania dilakukan dengan mengonsumsi makanan berupa minyak zaitun, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan. Makanan tersebut merupakan makanan penurun kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa mengikuti diet gaya mediterania selama tiga bulan dapat mengurangi kolesterol LDL rata-rata 8,9 mg per dL.

7. Bumbu Herbal dan Rempah-Rempah 

Herbal dan rempah-rempah merupakan nutrisi pembangkit tenaga yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih, kunyit, dan jahe sangat efektif dalam menurunkan kolesterol.

Meskipun herbal dan rempah-rempah biasanya tidak dimakan dalam jumlah besar, mereka tetap berkontribusi secara signifikan terhadap jumlah antioksidan yang dikonsumsi setiap hari. 

Selain cara tersebut, biasakan minum Nutrive Benecol dua kali sehari setelah makan untuk mengoptimalkan penurunan kolesterol. 

Nutrive Benecol telah teruji membantu menurunkan kolesterol 7-10 persen dalam 1-2 minggu, LDL hingga 15 persen, dan membantu mengurangi risiko jantung koroner.

Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol, yakni senyawa alami yang banyak terdapat dalam tanaman, seperti rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, jagung, gandum, dan tanaman lainnya. Mekanisme kerja dalam tubuh dengan cara berkompetisi dengan kolesterol makanan yang masuk dalam saluran cerna, sehingga tidak diserap usus halus.

Produk dari Kalbe ini hadir dengan beberapa varian smoothies dengan rasa enak seperti blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Serta Nutrive Benecol Cereal dengan rasa yang lezat yaitu vanilla veggie mix dan chocolate. Nutrive Benecol, cara enak turunkan kolesterol!



(ROS)