Bisakah Bekas Jerawat Dihilangkan Tanpa Perawatan Kecantikan?

Raka Lestari    •    Rabu, 17 Oct 2018 08:00 WIB
kecantikan
Bisakah Bekas Jerawat Dihilangkan Tanpa Perawatan Kecantikan?
(Foto: Dermascope)

Jakarta: Salah satu alasan kenapa wanita membenci jerawat adalah karena bekas nodanya yang sulit dihilangkan. Acapkali perempuan merasa kurang percaya diri karena hal ini.

"Studi menunjukkan bahwa bekas luka pada jerawat terjadi hingga tingkat tertentu pada 95 persen pasien jerawat," kata dokter kulit New York City, Y. Claire Chang, M.D. dari Union Square Laser Dermatology.

Bekas luka akan terlihat berwarna kemerahan pada pasien dengan warna terang, dan akan meninggalkan bekas luka berwarna coklat pada pasien dengan kulit yang lebih gelap, ujar Chang. Dalam beberapa kasus, tekstur kulit dapat menjadi tidak rata dan berbintik secara permanen.

Mengapa ini terjadi?

"Jerawat menyebabkan banyak peradangan di kulit, dan cara beberapa jenis kulit merespons inflamasi dan kerusakan atau luka adalah dengan melepaskan warna dari sel-sel," kata Rachel Nazarian, M.D., F.A.A., dari Schweiger Dermatology Group.

Namun, bekas jerawat yang berwarna merah atau kecoklatan kemungkinan akan hilang dengan sendirinya seiring waktu. Dan salah satu hal yang terpenting adalah usahakan untuk tidak memencet jerawat Anda atau mengganggunya karena hal itu bisa menyebabkan perubahan warna yang lebih buruk dan peningkatan risiko jaringan parut.

Dikutip dari Women's Health, ada bahan-bahan tertentu yang dapat menghilangkan bekas jerawat sedikit lebih cepat . Bahan-bahan yang bekerja dengan baik pada bekas jerawat diantaranya adalah vitamin C, asam salisilat, asam glikolat, dan retinoid seperti tretinoin.

Sedangkan jika bekas luka sudah terlalu dalam, bahan-bahan tersebut tidak berfungsi dan sebaiknya Anda menghilangkannya dengan cara laser, chemical peeling, dan perawatan lainnya.

 


(DEV)