Kentang dan Empat Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Raka Lestari    •    Minggu, 07 Oct 2018 17:27 WIB
tips kesehatan
Kentang dan Empat Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas
(Foto: Good Housekeeping)

Jakarta: Menyimpan makanan di kulkas ternyata tak selalu baik. Beberapa makanan, malah sebaiknya tidak disimpan di dalam lemari pendingin karena bisa merusak kualitasnya.

1. Melon utuh

Menyimpan melon di kulkas dapat mengurangi jumlah antioksidan hampir setengahnya. Studi yang dilakukan USDA menemukan bahwa meletakkan melon pada suhu kamar dapat meningkatkan senyawa seperti betakaroten hampir dua kali lipat.

2. Kentang

Suhu dingin mengubah pati kentang menjadi gula. Inilah yang akan menyebabkan kentang menjadi bertekstur seperti pasir dan memiliki sedikit rasa manis. Kentang paling baik berada pada suhu 45 ° F sedangkan sebagian besar lemari pendingin memiliki suhu sekitar 35 ° F hingga 38 ° F. 

3. Bawang 

Bawang membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk tetap segar. Untuk itu, sebaiknya masukkan bawang ke dalam paper bag yang sudah dilubangi untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Selain itu jangan simpan bawang berdekatan dengan kentang karena bawang mengeluarkan gas dan uap air yang dapat menyebabkan kentang cepat rusak.

4. Tomat

Udara yang dingin dapat mengubah susunan zat kimia dalam tomat dan hilang kesegarannya. Simpan tomat pada suhu sejuk untuk mendapatkan rasa tomat yang lebih segar. 

5. Kopi

Kelembaban di dalam kulkas dapat menurunkan kualitas biji kopi. Simpan kopi dalam wadah tertutup pada suhu kamar.


(DEV)