Makanan yang Dapat Menurunkan Energi Anda

Torie Natalova    •    Senin, 24 Dec 2018 06:53 WIB
kesehatan
Makanan yang Dapat Menurunkan Energi Anda
Sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak adalah pilihan terbaik untuk mengisi energi Anda. (Foto: Jade Wufraat/Unsplash.com)

Jakarta: Makanan merupakan sumber energi bagi seluruh organ tubuh Anda. Tetapi, makanan yang salah justru dapat menyerap energi Anda dan membuat tubuh lemas.

Gula tambahan dalam makanan maupun minuman olahan atau instan yang dikonsumsi terus menerus dapat menyebabkan obesitas, jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit kronis lain.

Inilah mengapa makanan dan minuman manis justru akhirnya dapat membuat energi Anda menurun, bukan menambah energi. Makanan dan minuman manis menaikkan gula darah dan kemudian turun dengan cepat. 

Sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak adalah pilihan terbaik untuk mengisi energi Anda.

(Baca juga: Beberapa Kesalahan Membuat Salad yang Sering Dilakukan)

Selain makanan dan minuman manis, makanan berikut dapat menyerap energi dan membuat tubuh lemas seperti dilansir dari Oprah.com.

1. Makan siang rendah kalori
Salad untuk makan siang mungkin terdengar menyehatkan. Tetapi, semangkuk salad sayuran yang rendah protein dan karbohidrat tidak memberi Anda cukup kalori untuk meningkatkan energi. Tambahkan salad dengan ayam, buncis, quinoa atau edamame untuk memperlambat pembakaran kalori.

2. Makanan ringan penuh susu
Apabila Anda merasa kurang energi setelah mengonsumsi keju atau yogurt, intoleransi produk susu bisa jadi pemicunya.

Intoleransi terjadi ketika tubuh keliru mengembangkan reaksi imun terhadap protein sehingga membangun pasukan antibodi untuk melawan protein setiap mereka muncul. Inilah yang mengakibatkan Anda merasa lelah setelah mengonsumsi produk susu.





(TIN)