Risiko Mendengar Musik sambil Tidur

Dhaifurrakhman Abas    •    Minggu, 09 Dec 2018 09:00 WIB
tidur
Risiko Mendengar Musik sambil Tidur
Risiko Mendengar Musik sambil Tidur (Foto: gettyimages)

Jakarta: Semua orang barangkali punya musik favorit. Terlepas entah sudah berlanjut usia maupun muda.

Mendengar musik pun kini bisa dari mana saja. Mulai dari radio, televisi, hingga telepon pintar beserta alat pendengar telinga (earphone) yang menyertainya.

Kalau kecanduan, orang-orang kerap mendengarkan musik hingga berjam-jam. Sampai-sampai ketiduran dan lupa mematikannya hingga mentari pagi mulai merekah.

Bagi sebagian orang mendengar musik sampai terlelap dianggap wajar. Malahan bisa membantu tidur. Tapi ternyata bisa ada risiko berbahaya yang menyertainya. Lebih-lebih jika mendengarkannya menggunakan earphone, sampai terlelap.

Mengutip Times of India mendengar musik sambil tidur bisa membuat otak tak beristirahat dengan baik. Sebab bagian otak merespons interaksi musik yang didengarkan meskipun tubuh Anda terlelap.

Hal ini akan berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Adapun kualitas tidur yang tidak baik bisa mengakibatkan tubuh terkena masalah jantung.

Sementara itu, mendengarkan musik terlalu lama juga berdampak buruk pada kesehatan telinga. Tak menutup kemungkinan ketika terbangun, Anda mengalami pusing dikelilingi suara-suara yang mengganggu akibat efek musik tadi.

Tentu saja ada beberapa risiko lainnya yang terlihat sepele namun bisa sangat menyakitkan. Misalnya, ketika tertidur, earphone yang digunakan terlepas dari lubang telinga dan terkena bagian tubuh lain hingga menyebabkan iritasi hingga nekrosis kulit.

Meski begitu, bukan berarti Anda harus sama sekali menghentikan kebiasaan tersebut. Jika mendengarkan musik menjadi satu-satunya cara Anda agar bisa terlelap, maka gunakan cara yang lebih aman.

Anda bisa mencoba mendengarkan musik lewat media lain, misalnya radio. Setel lagu dengan volume yang lembut, agar tidak keras agar tidak mengganggu kualitas tidur Anda.


(ELG)