Arti Tanda Benjolan Merah di Kulit Anda

Yatin Suleha    •    Rabu, 26 Jul 2017 14:58 WIB
kesehatan kulit
Arti Tanda Benjolan Merah di Kulit Anda
Belum ada yang tahu pasti apa yang menyebabkan cherry angiomas bisa muncul, namun sepertinya hal ini merupakan faktor genetik. (Foto: Calvin Lupiya/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat Anda memasuki usia 30 sampai 40-an, Anda mungkin akan melihat benjolan melingkar merah kecil yang muncul dari dalam tubuh Anda. Bentuknya mirip seperti tahi lalat merah terang. Dan ini sebenarnya adalah pertumbuhan pembuluh darah yang disebut dengan "cherry angiomas". 

Belum ada yang tahu pasti apa yang menyebabkan mereka bisa muncul, namun sepertinya hal ini merupakan faktor genetik. Jadi, jika ibu dan ayah Anda memilikinya, ada kemungkinan Anda memilikinya juga.

Cherry angiomas tidak membahayakan, sehingga tidak ada alasan medis untuk menghilangkan tanda ini. 



"Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa memeriksakannya ke dokter spesialis kulit ketika Anda melihatnya pertama kali," ucap Anthony Rossi, MD, FAAD, dokter spesialis kulit dan bedah di Memorial Sloan Kettering Cancer Center, sekaligus juga asisten profesor dari bagian kulit di Weill Cornell Medical College. 

(Baca juga: Ditemukan Obat yang Dapat Membuat Kulit Eksotis Secara Alami)

Apa yang Anda pikir pertumbuhannya tidak membahayakan, bisa jadi berbeda. "Biasanya kami berpikir melanoma berwarna gelap, tahi lalat hitam, namun ada beberapa tipe dari kanker kulit seperti melanoma atau Merkel sel carcinoma yang bisa muncul sebagai tanda tonjolan merah," sebut Rossi.

Ivy Lee, MD, dokter spesialis kulit di Pasadena, California, sekaligus juga assistant clinical professor bagian dermatology di UCLA, mengatakan bahwa apakah itu cherry angioma atau bukan, dokter spesialis kulit Anda bisa memeriksanya, juga seluruh kulit di tubuh Anda dari tanda kanker.



Tergoda untuk menghilangkannya?

Dr. Lee mengatakan sebaiknya tidak. Usaha Anda untuk menghilangkan cherry angioma sebaiknya tidak perlu dilakukan, ini karena cherry angioma berasal dari pembuluh darah. 

Menutup lukanya dengan plester obat tidak akan membantu menghentikan pendarahan yang terjadi jika Anda mencoba menghilangkanya sendiri.

"Jika itu Anda lakukan, Anda perlu bantuan medis untuk menghentikan pendarahan yang terjadi, dan itu nilainya lebih mahal lagi dari yang Anda kira," uca Dr. Lee.

Namun jika Anda merasa tetap ingin membuangnya untuk kasus cherry angiomas, dokter kulit Anda bisa menggunakann hyfrecator, laser, atau bedah yang sebaiknya kosultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit Anda dan dokter bedah Anda sebelum memutuskannya.









(TIN)